Pembicaraan Pengguna:VoteITP: Perbedaan antara revisi

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Geyol (bicara | kontrib)
Geyol (bicara | kontrib)
Baris 146: Baris 146:
Dear '''VoteITP''', boleh tanya mengenai bendera anda dapatkan dari referensi mana ? tx [[Pengguna:Geyol|Geyol]] ([[Pembicaraan Pengguna:Geyol|bicara]]) 01:21, 10 Desember 2010 (UTC)
Dear '''VoteITP''', boleh tanya mengenai bendera anda dapatkan dari referensi mana ? tx [[Pengguna:Geyol|Geyol]] ([[Pembicaraan Pengguna:Geyol|bicara]]) 01:21, 10 Desember 2010 (UTC)
: Halo '''VoteITP''', ada rujukan lain yakni ''Hugo Vilfred Pedersen - Durch den Indischen Archipel'' dan ''Albert S. Bickmore - Reizen in den Oost-Indischen Archipel'' urutannya merah, kuning dan hitam, apa mungkin bisa dipakai sebagai rujukan ? [[Pengguna:Geyol|Geyol]] ([[Pembicaraan Pengguna:Geyol|bicara]]) 16:54, 10 Desember 2010 (UTC)
: Halo '''VoteITP''', ada rujukan lain yakni ''Hugo Vilfred Pedersen - Durch den Indischen Archipel'' dan ''Albert S. Bickmore - Reizen in den Oost-Indischen Archipel'' urutannya merah, kuning dan hitam, apa mungkin bisa dipakai sebagai rujukan ? [[Pengguna:Geyol|Geyol]] ([[Pembicaraan Pengguna:Geyol|bicara]]) 16:54, 10 Desember 2010 (UTC)
:: Halo '''VoteITP''', ternyata sudah ada linknya menurut buku [http://www.crwflags.com/fotw/flags/id-prp.html#Pagaruyung D. Rühl, Vlaggen van den Oost-Indischen Archipel (1600-1942)] mungkin bisa kita pakai sebagai rujukannya ?, tks [[Pengguna:Geyol|Geyol]] ([[Pembicaraan Pengguna:Geyol|bicara]]) 17:24, 10 Desember 2010 (UTC)

Revisi per 10 Desember 2010 17.24

Majapahit

Salam kenal Pengguna:VoteITP. Terima kasih atas input artikel Majapahit. Sebenarnya saya melihat bahwa versi Bahasa Inggris dari artikel Majapahit lebih lengkap daripada versi Bahasa Indonesia-nya. Maka dari itu, saya berinisiatif untuk menerjemahkan salah satu bagian yang saya anggap penting, namun masih belum tersedia di versi Bahasa Indonesia. Apakah hal itu tidak diperbolehkan? Karena saya merasa sayang sewaktu melihat artikel mengenai kebudayaan Indonesia yang masih kurang lengkap pada bahasa ibunya dibandingkan dengan bahasa asingnya. Cheers, Tsukisuki (bicara)

Gajah Mada

Hai Bung VoteITP. Senang melihat anda memperbaiki artikel Gajah Mada. Namun informasi pada artikel tersebut menurut saya masih banyak yang tidak akurat, jadi tag "tak akurat" sebaiknya jangan dihapus dulu. Ini sebagai panduan bagi pembaca artikel tersebut. Bila nanti referensinya sudah banyak dan opini pribadinya sudah diperbaiki/dihapus, tag tersebut tentu dapat dihilangkan kembali. Salam, Naval Scene (bicara) 10:07, 14 Januari 2010 (UTC)

Catatan kaki dan pemastian

Saya lihat Anda menaruh tag {{refimprove}} di beberapa artikel. Mungkin ada baiknya Anda membahas bagian mana saja yang perlu catatan kaki. Sebagai contoh di Kerajaan Haru, sebenarnya sudah menaruh catatan kaki dan referensi yang saya kira perlukan. Jadi agak bingung juga kalau mau ditambah lagi. Tag {{pemastian}} hanya dipakai kalau isi artikel banyak yang diragukan. Ini sebaiknya juga dibahas di halaman pembicaraan, apa saja yang diragukan, biar jelas bagian mana yang perlu rujukan tambahan. Terima kasih. Gombang (bicara) 07:22, 23 Januari 2010 (UTC)

Pagaruyung

Sudah saya tambahkan rujukan. Silakan lihat lagi kira-kira kalimat apa lagi yang perlu dipastikan. Terima kasih. Gombang (bicara) 08:26, 26 Januari 2010 (UTC)

Kita bisa memperdebatkan Adityawarman orang Minang atau bukan, tapi cukup banyak buku yang menyebutnya sebagai peranakan Minang-Jawa. Saya sendiri berpendapat pada saat itu perbedaan Minang dan Malayu mungkin belum terlalu penting. Btw, diskusi sebaiknya dilanjutkan ke halaman pembicaraan Kerajaan Pagaruyung saja. Gombang (bicara) 09:12, 26 Januari 2010 (UTC)

Kerajaan Dharmasraya

Mungkin anda dapat mencari pula dari sumber sejarah Khmer (kamboja) dan Yunani disana terdapat informasinya :), semoga sukses Omdo (bicara) 05:51, 27 Januari 2010 (UTC)

Kerajaan Melayu

Halo VoteITP, Nāgarakṛtāgama menyebut bhumi Melayu sedangkan untuk wilayahnya sendiri tidak pernah disebut dengan misalkan bhumi Wilwatikta, seperti Prapañca tidak konsisten, kenapa ? thx Omdo (bicara) 14:34, 31 Januari 2010 (UTC)

lihat peta yunani jadi mana yang melayu ? hahahaaaa Omdo (bicara) 06:34, 31 Januari 2010 (UTC)
Bila anda gunakan referensi Slamet Muljana Sriwijaya lihat Bab Pusat Kerajaan Sriwijaya atau Ptolemaeus dlm Geographia, salam Omdo (bicara) 17:08, 1 Februari 2010 (UTC)

Koordinat Sumatera Barat dan Kota Padang

Halo, saya lihat Anda membatalkan suntingan di Sumatera Barat dan Kota Padang. Mohon dibatalkan lagi pembatalan suntingan terakhirnya ya. Kalau ingin menunjukkan koordinat Kota Padang, memang seharusnya di artikel Kota Padang kan? Koordinat yang saya letakkan di Sumatera Barat tidak perlu menunjukkan ibukotanya tetapi digunakan supaya mengimbangi letak provinsinya ada di tengah-tengah peta. Terima kasih. --Ewesewes (bicara) 21:49, 27 Maret 2010 (UTC)

Sudah saya jawab di halaman pembicaraannya ya. Ooo ternyata koordinat kantor gubernur ya. Terima kasih. --Ewesewes (bicara) 08:44, 28 Maret 2010 (UTC)

April Mop

April Mop!
Karena hari ini adalah tanggal 1 April dan Dunia merayakan hari ini sebagai hari April Mop, maka anda layak dapat Bintang! Selamat! hehehe... ·· E-one · >>> ™ 1 April 2010

Jorong

Anda berniat membuat artikel jorong? Sebaiknya tahan dulu. Selama ini artikel satuan administratif di bawah desa dianggap tidak layak. Kalau Anda berpendapat berbeda, silakan ajukan keberatan di warung kopi. Mungkin kesepakatan bisa diubah. Terima kasih. Gombang (bicara) 11:39, 5 April 2010 (UTC)


BintangWiki Administratif Indonesia
"BintangWiki Administratif Indonesia" diberikan kepada VoteITP yang telah memberikan sumbangan berharga berupa artikel-artikel bertopik administratif Indonesia di Wikipedia bahasa Indonesia. Aldo samulo (bicara) 11:06, 12 April 2010 (UTC)

Templat provinsi

Saya melihat ada perubahan pada Templat:Sumatera Barat, dan Anda cukup berperan penting di sana. Apakah pola tersebut sudah menjadi hal yang baku? (Dulu) standardisasi templat harus mencapai konsensus terlebih dahulu dan diupayakan supaya seragam. Ini bukan berarti pengekangan, tetapi saya pikir adalah tradisi yang baik untuk mengedepankan konsensus, meski tidak harus tertulis.

Ketidakseragaman muncul pula pada Templat:Jakarta dan turunan-turunannya. Entah akan seberapa besar dimensi templat suatu provinsi, jika kecamatan per kabupaten/kotanya ditampilkan seperti pada Templat:Jakarta. Untungnya hal ini tidak (atau belum) menjadi kenyataan bagi provinsi-provinsi lain.

Saya pikir ide Anda ada baiknya, dan akan lebih baik lagi apabila berlaku umum untuk templat provinsi-provinsi lainnya.

Reindra (bicara) 09:48, 31 Mei 2010 (UTC)

Wikipedia bhs daerah

Pak VoteITP, apakah anda berbahasa ibu bahasa Minang? Tertarik/tidak untuk membantu pengembangkan Wikipedia berbahasa Minang? Saya saat ini sedang berusaha menterjemahkan coding ke bahasa Minang pada translatewiki.net, serta membuat artikel berbahasa daerah pada incubator. Salam, Naval Scene (bicara) 06:36, 28 Juni 2010 (UTC)

Terima kasih Pak atas respon positifnya! Saran saya untuk langkah-langkahnya:
  1. Buat akun di translatewiki.net
  2. Di halaman pengguna anda yang baru, tambahkan keterangan kemampuan bahasa anda. Contoh di halaman pengguna saya ini: {{#babel:id|bew|en-4|ms-3|min-2|ban-1|su-1}}. Nanti akan muncul kotak bahasa seperti di Wikipedia juga.
  3. Masuk halaman pendaftaran sebagai penterjemah, klik Start a new discussion dan tinggalkan pesan (misalnya: Hi, I am a native speaker of Minangkabau language and I would like to help in that language. Thank you.). Setelah paling lama 1-2 hari (kandang beberapa jam saja), anda akan diberikan akses untuk menterjemahkan oleh pengurus translatewiki.net
  4. Setelah dapat akses (lihat di NEW MESSEGES akun anda), masuk halaman penerjemahan, klik pranala biru salah satu coding dan dapat langsung diterjemahkan dan disimpan.
  5. Untuk membuat artikel di incubator Wikipedia Baso Minangkabau, cukup daftar di sini, buat akun pengguna, dan dapat mulai membuat artikel dengan cara yang hampir sama dengan di Wikipedia Bahasa Indonesia.
  6. Perbedaannya hanyalah untuk setiap artikel, pranala, maupun kategori, harus di awali Wp/min/, contohnya artikel tunas buatan saya Gebu Minang di incubator.
Demikianlah, saya rasa tidak terlalu sulit, dan selamat mencoba. Salam, Naval Scene (bicara) 02:59, 29 Juni 2010 (UTC)

Kota_Padang

Saya ingin menominasikan artikel Kota_Padang menjadi AP. Sebelumnya, saya ingin memberi saran:

  • agar sub bagian "Kelengkapan" diganti judulnya (bukan isinya), misalnya listrik, air, kesehatan, atau infrastruktur, atau lainnya, karena rasanya "kelengkapan" kurang pas :)
  • Paragraf pembuka perlu sedikit diperluas
  • Di bagian sejarah, sejarah modern Padang tidak disinggung? (seperti gempa?)

Oh iya, kalau sudah siap bilang saja, akan saya calonkan artikelnya :)  Mimihitam  14:10, 25 Juli 2010 (UTC)

Oh iya, ada kritikan lagi, beberapa kalimat masih perlu diperiksa dan ditulis ulang, contohnya " Dan sebagai tempat pemukiman pertama adalah perkampungan di pinggiran selatan Batang Arau di tempat yang sekarang bernama Seberang Padang, yang kemudian berkembang ke arah utara dan kemudian bergabung menjadi kenagarian Padang, yang juga dikenal sebagai Nan Delapan Suku" ==> maksudnya kurang bisa dimengerti. Trims  Mimihitam  12:22, 27 Juli 2010 (UTC)

Dan adalah kata hubung, jadi hindari menggunakan "dan" di awal kalimat. Oh iya, Kotawan(?) ==> maksud dari tanda tanya ini apa ya?  Mimihitam  13:14, 27 Juli 2010 (UTC)  Mimihitam  13:12, 27 Juli 2010 (UTC)

Mengenai lisan, Anda bisa langsung membuat. Saya sendiri masih belum karena belum beli mikrofon :p  Mimihitam  23:04, 27 Juli 2010 (UTC)

Re: Peta Sumbar

Bisa diturunkan dari Berkas:Lokasi_Sumatera_Barat_Kabupaten_Sijunjung.svg atau dati2 lainnya. tinggal ganti warna merahnya. Kasih teks dikit.

Saya sengaja tidak membuat peta provinsi-provinsi dulu, karena toh sudah ada (kecuali Babel dan Aceh hehe).

Untuk referensi font dan warna bisa dilihat di en:Wikipedia:WikiProject_Maps/Conventions/Location_maps atau en:Wikipedia:WikiProject_Maps/Conventions/Locator_maps_(blank) --Ewesewes (bicara) 11:22, 29 Juli 2010 (UTC)

Eh, ternyata saya sudah pernah buat peta mentahnya (per provinsi) tapi belum dikasih warna juga (dan dibuat layer-layernya untuk batas, teks, dll). Mungkin beberapa hari kedepan saya unggah saja ya. --Ewesewes (bicara) 13:41, 29 Juli 2010 (UTC)

Harun Yahya

Hello,

The article about Harun Yahya is not accurate and it needs to be disputed or corrected. You can change it to reflect the information about Adnan Oktar from the English article.

{{Geobox}}

Oya, bisa tolong terjemahkan kembali templat di atas . Lihat jadinya di Gunung Karmel. Masih bahasa Inggris. --Ezagren พูดคุย 12:51, 17 Agustus 2010 (UTC)

Kota Padang

Berikut penilaian saya mengenai artikel kota Padang:

  • Menurut saya, bagian sejarah kurang satu paragraf, yaitu tentang Padang semasa pendudukan Jepang, lalu pasca proklamasi hingga tahun 1950.
  • Beberapa bagian saya beri permintaan rujukan.
  • Pada tahun 1970, pendatang merupakan 43 persen dari seluruh penduduk, dengan 64 persen datang dari daerah-daerah lainnya di provinsi tersebut. ==> maksudnya bagaimana?

Terima kasih.  Mimihitam  08:40, 2 Oktober 2010 (UTC)

Terima kasih atas perbaikannya. Ngomong-ngomong, saya membaca kutipan berikut di wiki bahasa Inggris: "The city came under British authority twice, the first time from 1781 to 1784 during the Fourth Anglo-Dutch War, and again from 1795 to 1819 during the Napoleonic Wars." Apakah benar? Oh iya, artikel ini telah saya nominasikan sebagai AP dalam Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan/Kota Padang. Salam.  Mimihitam  07:46, 3 Oktober 2010 (UTC)

Mengutip Albertus Aditya, "Penempatan tag ref, seharusnya teks.<ref>...</ref> (tag ref diberikan setelah tanda baca, bukan mendahuluinya, baik untuk tanda titik maupun koma)". Walau saya tak menemukannya pada halaman manapun dalam kebijakan WBI, saya rasa ini hanya masalah estetika :) Oh iya, silakan lihat halaman ini: Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan/Kota Padang... beberapa orang telah mengusulkan perbaikan :) Terima kasih.  Mimihitam  09:26, 13 Oktober 2010 (UTC)

Klarifikasi pembatalan suntingan anda di artikel Seleksi alam

Suntingan anda:

"Namun contoh ini tidak dapat menjadi bukti teori evolusi karena tidak menghasilkan spesies baru yang sebelumnya tidak ada, karena ngengat biston betularia hitam sebelum revolusi industri juga telah ada, namun yang berubah hanya proporsi relatifnya saja. Ngengat tersebut tidak mendapatkan sifat atau organ baru yang memunculkan spesies baru. Sehingga seleksi alam yang dimaksud tidak mampu menambahkan organ baru pada makhluk hidup, menghilangkan organ, atau mengubah makhluk itu menjadi makhluk lain dan bertentangan dengan evolusi itu sendiri.

Seleksi alam tidak mampu memberikan konstribusi kepada teori evolusi, karena mekanisme yang dimaksud tidak mampu menghasilkan, menambah atau memperbaiki informasi genetika suatu spesies. Seleksi alam hanya mengeleminir makhluk hidup dari suatu spesies yang cacat, lemah dan tidak mampu beradaptasi dengan habitatnya."

Saya batalkan karena berkontradiksi dengan definisi evolusi. Definisi evolusi adalah: "perubahan pada frekuensi alel dalam populasi yang saling berbagi lungkang gen (gene pool) dari generasi yang satu ke generasi yang lain." (Stoltzfus A (2006). "Mutationism and the dual causation of evolutionary change". Evol. Dev. 8 (3): 304–17. DOI:10.1111/j.1525-142X.2006.00101.x.)

Pada kasus seleksi alam biston betularia, seleksi alam mengubah frekuensi alel ngengat (alel yang membuat ngengat menjadi hitam bertambah). Secara definitif, ini adalah evolusi (perubahan pada frekuensi alel dalam populasi yang saling berbagi lungkang gen)

Trims. Hand15 (bicara) 15:54, 12 November 2010 (UTC)

Klarifikasi pembatalan suntingan anda di artikel "Evolusi"

Suntingan anda:

saya batalkan karena tanpa referensi dan menyesatkan. Hubungan kekerabatan antar spesies didapatkan dari perbandingan urutan DNA (DNA sequence) satu spesies dengan spesies lainnya, bukan pada jumlah kromosom. Jadi walaupun kentang dan manusia berkromosom 46, urutan DNA-nya tidak sama. (Varki A, Altheide TK (2005). "Comparing the human and chimpanzee genomes: searching for needles in a haystack". Genome Res. 15 (12): 1746–58. DOI:10.1101/gr.3737405.)

Trims Hand15 (bicara) 16:02, 12 November 2010 (UTC)

Klarifikasi pembatalan suntingan anda di artikel "Charles Darwin"

Suntingan anda:

saya batalkan karena tidak sesuai dengan referensinya. Dalam kutipan asli buku The Descent of Man:

Dalam buku ini, kata race of man merujuk pada semua homonoid termasuk manusia. Ia tidak mengatakan bahwa orang kulit hitam dan orang aborigin australia sama dengan gorila. Perhatikan kata-katanya:

Ia mengatakan bahwa di masa depan, perbedaan spesies manusia akan lebih besar daripada perbedaan antara negro dengan gorila, bukan mengatakan bahwa negro sama dengan gorila Hand15 (bicara) 16:31, 12 November 2010 (UTC)

Penghargaan

The Bio-Star
The Bio-Star (BintangWiki Biologi) diberikan kepada pengguna yang dengan senang hati mengembangkan artikel-artikel bertopik Biologi di Wikipedia bahasa Indonesia. ESCa :-)/ 14:37, 7 Desember 2010 (UTC)

Flag of Pagaruyung

Dear VoteITP, boleh tanya mengenai bendera anda dapatkan dari referensi mana ? tx Geyol (bicara) 01:21, 10 Desember 2010 (UTC)

Halo VoteITP, ada rujukan lain yakni Hugo Vilfred Pedersen - Durch den Indischen Archipel dan Albert S. Bickmore - Reizen in den Oost-Indischen Archipel urutannya merah, kuning dan hitam, apa mungkin bisa dipakai sebagai rujukan ? Geyol (bicara) 16:54, 10 Desember 2010 (UTC)
Halo VoteITP, ternyata sudah ada linknya menurut buku D. Rühl, Vlaggen van den Oost-Indischen Archipel (1600-1942) mungkin bisa kita pakai sebagai rujukannya ?, tks Geyol (bicara) 17:24, 10 Desember 2010 (UTC)