Elektronika daya: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Rusudiyanto (bicara | kontrib)
membuat halaman baru
 
k Menambah Kategori:Elektronika daya menggunakan HotCat
Baris 3: Baris 3:
== Referensi ==
== Referensi ==
<references />
<references />

[[Kategori:Elektronika daya]]

Revisi per 21 April 2021 22.07

Elektronika daya adalah bidang keilmuan yang mempelajari dan membahas tentang penerapan elektronika pada peralatan listrik dengan penggunaan daya listrik yang cukup besar. Prinsip elektronika digunakan pada peralatan di industri. Peralatan yang memanfaatkan prinsip elektronika daya adalah motor listrik, pemanas, pendingin, kipas angin, kompresor, pompa, dan konveyor. Perkembangan penggunaan elektronika sejalan dengan ketidakmampuan pengaturan secara konvensional dalam memenuhi kebutuhan industri. Penggunaan elektronika daya dapat mengurangi kerugian mekanisme kerja dari suatu mesin industri. Mesin yang memakai prinsip elektronika daya dapat bekerja pada nilai tegangan dan arus listrik yang cukup besar.[1] Elektronika daya umum digunakan untuk konversi energi listrik. Hasil konversi energinya memberikan kualitas daya yang sangat baik. Dalam bidang konversi energi, prinsip elektronika daya banyak digunakan pada rangkaian penyearah. Elektronika daya dapat diterapkan pada dioda maupun tiristor. Keunggulan penyearahan dengan elektronika daya adalah kemudahan dalam pengendalian sudut fasa dan rangkaian kendali yang mudah. Kekurangannya adalah unjuk kerja yang kurang baik akibat adanya harmonisa yang sangat signifikan.[2]

Referensi

  1. ^ Ali, Muhammad (2018). Aplikasi Elektronika Daya pada Sistem Tenaga Listrik (PDF). Yogyakarta: UNY Press. hlm. 1. ISBN 978-602-5566-79-0. 
  2. ^ Riyadi, Slamet (2018). Konverter Statis: Chopper dan PWM Rectifier serta Aplikasinya (PDF). Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata. hlm. 37. ISBN 978-602-6865-59-5.