Speedometer: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
(Tidak ada perbedaan)

Revisi per 11 Agustus 2008 00.49

Suatu speedometer mobil yang menunjukkan kecepatan kendaraan dalam kilometres per jam. Juga ditunjukan takometer yang menunjukan jumlah putaran mesin per menit

Speedometer adalah alat pengukur kecepatan kendaraan darat, yang merupakan perlengkapan standar setiap kendaraan yang beroperasi di jalan.

Speedometer berfungsi untuk mengetahui kecepatan kendaraan dan dijadikan informasi utama untuk mengendalikan kecepatan dikawasan/jalan yang kecepatannya dibatasi.

Cara kerja speedometer

Ada beberapa jenis sensor pengukuran kecepatan

  • Mekanis, adalah perangkat pengukur kecepatan yang dihubungkan langsung dengan roda depan ataupun transmisi dengan menggunakan suatu kabel yang ikut berputar saat kendaraan bergerak, gerakan berputar ini kemudian dirubah untuk menggerakkan jaruk kecepatan.
  • Elektronic, adalah pengukur kecepatan yang bekerja atas dasar sensor yang ditempatkan di poros penggerak kendaraan yang medeteksi jumlah putaran poros untuk selanjutnya data dikirim ke speedometer dengan prinsip arus Eddy yang menggerakkan jarum kecepatan ataupun menunjukkan kecepatan secara digital.
  • GPS, adalah perangkat pengukur kecepatan yang menggunakan perubahan data posisi koordinat bumi yang diperoleh dari satelit GPS yang diolah oleh prosesor menjadi informasi kecepatan.

Lihat pula

Pranala luar