Proterozoikum: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
k Bot: Perubahan kosmetika
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: VisualEditor Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Baris 1: Baris 1:
[[Berkas:Stromatolites Cochabamba.jpg|jmpl|Stromatolit dari zaman Proterozoikum.]]
[[Berkas:Stromatolites Cochabamba.jpg|jmpl|Stromatolit dari zaman Proterozoikum.]]


'''Proterozoikum''' adalah [[eon]] yang mewakili suatu periode sebelum merebaknya kehidupan kompleks pertama di muka [[Bumi]]. Masa ini berlangsung antara 2500 sampai 542 (± 1) juta tahun yang lalu dan merupakan tadinya merupakan bagian dari masa [[Prekambrium]]. Proterozoikum didahului oleh eon [[Arkean]] dan dilanjutkan oleh [[Fanerozoikum]] dan terdiri dari tiga [[era (geologi)|era]] yang berturut-turut dari yang paling tua: [[Paleoproterozoikum]], [[Mesoproterozoikum]], dan [[Neoproterozoikum]].
'''Proterozoikum''' adalah [[eon]] yang mewakili suatu periode sebelum merebaknya kehidupan kompleks pertama di muka [[Bumi]]. Masa ini berlangsung antara 2500 sampai 542 (± 1) juta tahun yang lalu dan merupakan tadinya merupakan bagian dari masa [[Prakambrium]]. Proterozoikum didahului oleh eon [[Arkean]] dan dilanjutkan oleh [[Fanerozoikum]] dan terdiri dari tiga [[era (geologi)|era]] yang berturut-turut dari yang paling tua: [[Paleoproterozoikum]], [[Mesoproterozoikum]], dan [[Neoproterozoikum]].


Peristiwa-peristiwa penting yang terjadi pada masa ini antara lain adalah: transisi menjadi [[atmosfer]] [[oksigen|beroksigen]] pada era Mesoproterozoikum; beberapa [[glasiasi]], termasuk terjadinya hipotesis "[[Bumi Bola Salju]]" (''Snowball Earth'') semasa periode [[Kriogenian]] pada akhir Neoproterozoikum; serta periode [[Ediakaran]] (635 hingga 542 juta tahun yang lalu) yang ditandai dengan evolusi organisme multiselular bertubuh lunak.
Peristiwa-peristiwa penting yang terjadi pada masa ini antara lain adalah: transisi menjadi [[atmosfer]] [[oksigen|beroksigen]] pada era Mesoproterozoikum; beberapa [[glasiasi]], termasuk terjadinya hipotesis "[[Bumi Bola Salju]]" (''Snowball Earth'') semasa periode [[Kriogenium]] pada akhir Neoproterozoikum; serta periode [[Ediakaran]] (635 hingga 542 juta tahun yang lalu) yang ditandai dengan evolusi organisme multiselular bertubuh lunak.


== Bacaan lanjutan ==
== Bacaan lanjutan ==

Revisi per 8 September 2019 00.26

Stromatolit dari zaman Proterozoikum.

Proterozoikum adalah eon yang mewakili suatu periode sebelum merebaknya kehidupan kompleks pertama di muka Bumi. Masa ini berlangsung antara 2500 sampai 542 (± 1) juta tahun yang lalu dan merupakan tadinya merupakan bagian dari masa Prakambrium. Proterozoikum didahului oleh eon Arkean dan dilanjutkan oleh Fanerozoikum dan terdiri dari tiga era yang berturut-turut dari yang paling tua: Paleoproterozoikum, Mesoproterozoikum, dan Neoproterozoikum.

Peristiwa-peristiwa penting yang terjadi pada masa ini antara lain adalah: transisi menjadi atmosfer beroksigen pada era Mesoproterozoikum; beberapa glasiasi, termasuk terjadinya hipotesis "Bumi Bola Salju" (Snowball Earth) semasa periode Kriogenium pada akhir Neoproterozoikum; serta periode Ediakaran (635 hingga 542 juta tahun yang lalu) yang ditandai dengan evolusi organisme multiselular bertubuh lunak.

Bacaan lanjutan

  • Stanley, Steven M. (1999). Earth System History. New York: W.H. Freeman and Company, 315. ISBN 0-7167-2882-6.

Skala waktu geologi: eon dan era
(dalam juta tahun)

PaleoproterozoikumMesoproterozoikum

HadeanArkeanProterozoikumFanerozoikumPrakambriumera (geologi)eon