Pertempuran Baux: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Adesio2010 (bicara | kontrib)
Dibuat dengan menerjemahkan halaman "Baussenque Wars"
 
Adesio2010 (bicara | kontrib)
Baris 14: Baris 14:


Menurut sejarawan dan Arles-pribumi Louis Mathieu Anibert, kotanya menunjuk konsulat untuk mempersiapkan perang (1131):
Menurut sejarawan dan Arles-pribumi Louis Mathieu Anibert, kotanya menunjuk konsulat untuk mempersiapkan perang (1131):

{{cquote|''. . . les préparatifs de guerre que faisaient sourdement les Seigneurs des Baux, contre la Maison de Barcelone à la mort de Raymond-Berenger premier et peut-être quelque temps auparavant, durent décider les Arlésiens à ce grand changement, et engager l’Archevêque à s’y prêter. Les circonstances exigeaient qu’on donnât à la Ville des Chefs capables de porter les armes au besoin.''

. . . persiapan yang dibuat oleh tuan-tuan Baux, melawan wangsa Barcelona setelah kematian Ramon Berenguer yang pertama dan mungkin beberapa waktu sebelumnya, memaksa tentara Arles untuk memutuskan perubahan besar, dan mereka mendesak uskup agung untuk mengambilnya. Keadaan menuntut agar seseorang memberi kepada para pemimpin kota yang mampu membawa senjata seperlunya.<ref>Anibert. ''Mémoires historiques et critiques sur l'ancienne République d'Arles'', published 1779.</ref>}}

Pada pembukaan konflik, Raymond dari Baux mengajukan banding ke [[Konrad III dari Jerman|Konrad III]], yang secara teknis adalah [[Daftar Raja Bourgogne|Raja Bourgogne]], meskipun judul ini lebih berarti dalam teori daripada dalam praktik. Provence yang secara hukum menjadi wilayah kerajaan Bourgogne, Raymond memohon pengakuan kedaulatannya atas hak-hak Stephanie sebagai pewaris harta Gerberga. Dengan akta pada tanggal 4 Agustus 1145, Konrad mengesahkan hak Stephanie dan Raymond pada gelar mereka dan memberi mereka kekuasaan untuk menambang uang di Arles dan di [[Trinquetaille]]. Yang terakhir adalah bantuan besar untuk aspirasi mereka.

== Pertempuran ==

== Catatan ==
{{Reflist}}

== Pranala luar ==
*[http://les.baux.de.provence.free.fr/les_baux_de_provence_histoire/les_baux_de_provence_les_guerres_baussenques.htm Les guerres Baussenques.]

[[Kategori:Eropa abad ke-12]]
[[Kategori:Eropa abad ke-12]]
[[Kategori:Occitania Abad Pertengahan]]
[[Kategori:Occitania Abad Pertengahan]]
[[Kategori:Perang yang melibatkan Perancis]]
[[Kategori:Perang yang melibatkan Perancis]]
[[Kategori:Konflik 1140-an]]
[[Kategori:Konflik 1150-an]]
[[Kategori:Konflik 1160-an]]

Revisi per 9 Desember 2018 19.01

Pertampuran Baussenque (Bahasa Perancis : Guerres Baussenques, yang berarti "Pertempuran Baux") merupakan serangkaian konflik bersenjata (1144–1162) antara Wangsa Barcelona, yang berkuasa di Provence, dan Wangsa Baux. Mereka ditahan di Provence sebagai perlawanan idealis oleh salah satu keluarga asalnya melawan "pendudukan" Catalunya. Kenyataannya, mereka adalah yang pertama dari banyak ekspansi kekuatan dan pengaruh Catalunya di dunia Mediterania.

Penyebab

Tiga faktor utama yang berperan dalam meletusnya konflik ini: persaingan antara para comte Toulouse dan para comte Barcelona untuk pengaruh di wilayah Provence, krisis suksesi dari dinasti pertama yang berkuasa di county Provence, dan ambisi dari wangsa Baux.

Karena kurangnya keberhasilan di Reconquista di perbatasan selatan mereka, rakyat Catalunya berbalik ke arah Mediterania litoral dan ke utara. Mereka mendambakan wilayah antara Cévennes dan Rhône, kemudian di bawah kendali Toulouse. Pada tahun 1112, comte Barcelona, Ramón Berenguer III, menikahi pewaris Provence, Douce, yang merupakan putri Coomtesse Gerberga dari Provence, Gévaudan, Carlat, dan sebagian dari Rodez. Pernikahan itu mungkin diambil atas desakan gereja, yang kemudian bertentangan dengan rumah Toulouse. Pada tahun 1076, comtenya, Raymond IV, dikucilkan tetapi ia masih memberikan dukungannya kepada Aicard, Uskup Agung Arles (sejak 1080). Dengan sang comte mundur pada Perang Salib Pertama, gereja mengambil kesempatan untuk merebut keseimbangan kekuasaan di wilayah tersebut. Pernikahan ini dengan efektif menempatkan Provence di bawah kendali Catalunya.

Pada tahun 1125, pewaris Raymond, Alphonse Jourdain, menandatangani sebuah perjanjian di mana hak waris tradisional keluarganya atas gelar "Markgraf Provence" diakui dan mark Provence didefinisikan sebagai wilayah utara Durance hilir dan di sebelah kanan Rhône, termasuk istana Beaucaire, Vallabrègues, dan Argence. Wilayah antara Durance, Rhône, Alpen, dan laut county tersebut dan milik wangsa Barcelona. Avignon, Pont de Sorgues, Caumont, dan Le Thor tidak terbagi.

Secara internal, Provence disiksa oleh ketidakpastian atas hak suksesi. Douce dan Ramon Berenguer menandatangani semua charter bersama-sama sampai kematiannya pada tahun 1127, setelah itu dia muncul sendiri sebagai comte di semua piagam sampai kematiannya pada tahun 1131. Pada saat itu, adinda Douce, Stephanie menikah dengan Raymond dari Baux, yang segera menggugat warisan ibundanya, meskipun Provence telah dengan damai jatuh ke tangan keponakannya, Berenguer Ramón I.

Gerakan pembukaan

Sebagai akibat dari krisis ini, le Midi dibagi menjadi dua faksi. Berenguer Ramon didukung oleh kakandanya, Ramón Berenguer IV dari Barcelona, dan para vicomte Carcassonne, Béziers dan Nîmes. Yang lain, pendukung Stephanie dan Raymond, termasuk Toulouse, county Foix, Arles (hingga 1150), dan bahkan Republik Genova, yang melakukan serangan terhadap Melgueil pada tahun 1144 ketika Berenguer Ramon meninggal. Dia digantikan oleh putranya yang muda, Ramon Berenguer II.

Menurut sejarawan dan Arles-pribumi Louis Mathieu Anibert, kotanya menunjuk konsulat untuk mempersiapkan perang (1131):

Pada pembukaan konflik, Raymond dari Baux mengajukan banding ke Konrad III, yang secara teknis adalah Raja Bourgogne, meskipun judul ini lebih berarti dalam teori daripada dalam praktik. Provence yang secara hukum menjadi wilayah kerajaan Bourgogne, Raymond memohon pengakuan kedaulatannya atas hak-hak Stephanie sebagai pewaris harta Gerberga. Dengan akta pada tanggal 4 Agustus 1145, Konrad mengesahkan hak Stephanie dan Raymond pada gelar mereka dan memberi mereka kekuasaan untuk menambang uang di Arles dan di Trinquetaille. Yang terakhir adalah bantuan besar untuk aspirasi mereka.

Pertempuran

Catatan

  1. ^ Anibert. Mémoires historiques et critiques sur l'ancienne République d'Arles, published 1779.

Pranala luar