Taman Besar Tirana: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
k Menambah Kategori:Albania menggunakan HotCat
Baris 18: Baris 18:
== Referensi ==
== Referensi ==
{{reflist}}
{{reflist}}

[[Kategori:Albania]]

Revisi per 2 Desember 2017 14.19

Taman Besar Tirana (Bahasa Albania: Parku i Madh i Tiranës) atau Taman di Danau Buatan adalah sebuah taman umum seluas 289 hektar yang terletak di bagian selatan Tirana, ibu kota Albania.

Taman tersebut memiliki danau buatan dan banyak landmark lainnya seperti Gereja Saint Procopius, Istana Kepresidenan, dan beberapa memorial tokoh-tokoh penting Albania. Menjadikannya sebagai salah satu tempat paling tenang di kota, meskipun pertumbuhan bangunan sedang dikembangkan di dekat taman. Lari pagi adalah rutinitas sehari-hari yang banyak dilakukan oleh warga kota. Di ujung selatan dari taman, terdapat Kebun Binatang Tiranadan Kebun Raya Tirana yang memiliki banyak bunga dan tanaman yang ada di lingkungan Albania.

Di kebun raya terdapat hampir 120 spesies pohon, semak-semak, dan bunga. Luas kebun raya itu yaitu 14,5 hektar dan ukuran danau yakni 55 hektar. Sedangkan luas bidang tanah taman itu sendiri adalah 230 hektar. [1]

Taman tersebut dibangun pada tahun 1955 hingga 1956 berdasarkan rancangan seorang Bulgaria dan biasa disebut sebagai jejak Gogo, di daerah hijau. Letak taman tersebut berawal dari ujung selatan Boelevard Dëshmorët e Kombit, setelah Universitas Tirana, selatan dari Skanderbeg Square. Dahulu taman tersebut bernama Taman Saint Procopius (Bahasa Albania: Parku i Shen Prokopit) karena berdiri Gereja Saint Procopius di sana. Di bagian dalam dapat dijumpai sebuah memorial jatuhnya 45 tentara Inggris dan Australia[2] saat Perang Dunia II.

Tata Letak dan Isi

Pemandangan danau

Taman tersebut mencakup pula Istana Megah yang terletak di dekat Jalan Elbasan. Gedung istana, dimulai oleh Zog dari Albania, pernah digunakan sebagai sebuah istana kerajaan walau hanya sekali, untuk Raja Italia Victor Emmanuel III selama satu-satunya kunjungannya ke Albania pada bulan Mei 1941 sebagai Raja Albania. Istana tersebut juga pernah digunakan oleh Wakil Penguasa Francesco Jacomoniand kemudian oleh Jenderal Alberto Pariani yang menganut fasisme. Saat ini istana tersebut menjadi kediaman resmi Presiden Albania.

Taman tersebut juga pernah menjadi tempat berdirinya monumen Ibu Raja Zog dari Albania, Sadijé Toptani. Monumen itu kemudian dihancurkan oleh rezim komunis di tahun 1950-an dan sekarang hanya dapat dilihat melalui sebuah lukisan. Sebuah tembok telah dibangun membatasi perbatasan taman.

Referensi

  1. ^ Koha Jone. "The "Lung" of Tirana toward its cementification". Koha Jone (dalam bahasa Albanian). Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 July 2010. Diakses tanggal 26 July 2010. 
  2. ^ "Search - The Australian War Memorial". www.awm.gov.au. Diakses tanggal 7 July 2017.