Pengukuran: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
HsfBot (bicara | kontrib)
k Bot: Perubahan kosmetika
Maula19 (bicara | kontrib)
Pengertian Pengukuran
Baris 1: Baris 1:
'''Pengukuran''' adalah penentuan [[besaran]], [[dimensi]], atau [[kapasitas]], biasanya terhadap suatu standar atau [[satuan ukur]]. Pengukuran tidak hanya terbatas pada [[kuantitas fisik]], tetapi juga dapat diperluas untuk mengukur hampir semua benda yang bisa dibayangkan, seperti tingkat [[ketidakpastian]], atau indeks kepercayaan konsumen.
'''Pengukuran''' adalah penentuan [[besaran]], [[dimensi]], atau [[kapasitas]], biasanya terhadap suatu standar atau [[satuan ukur]]. Pengukuran juga dapat diartikan sebagai pemberian angka tehadap suatu atribut atau karakteristik tertentu yang dimiliki oleh seseorang, hal, atau objek tertentu menurut aturan atau formulasi yang jelas dan disepakati. Pengukuran dapat dilakukan pada apapun yang dibayangkan, namun dengan tingkat kompleksitas yang berbeda. Misalnya untuk mengukur tinggi, maka seseorang dapat mengukur dengan mudah karena objek yang diukur merupakan objek kasat mata dengan satuan yang sudah disepakati secara internasional. Namun hal ini akan berbeda jika objek yang diukur lebih abstrak seperti kecerdasan, kematangan, kejujuran, kepribadian, dan lain sebagainya sehingga untuk melakukan pengukuran diperlukan keterampilan dan keahlian tertentu.
Pengukuran ada beberapa macam alat yaitu: micro meter,jangka sorong,dial indikator,viler gauge dll
:''Pengukuran adalah perbandingan dengan standar'' -- [[William Shockley]]
:''Pengukuran adalah perbandingan dengan standar'' -- [[William Shockley]]



Revisi per 21 September 2017 09.00

Pengukuran adalah penentuan besaran, dimensi, atau kapasitas, biasanya terhadap suatu standar atau satuan ukur. Pengukuran juga dapat diartikan sebagai pemberian angka tehadap suatu atribut atau karakteristik tertentu yang dimiliki oleh seseorang, hal, atau objek tertentu menurut aturan atau formulasi yang jelas dan disepakati. Pengukuran dapat dilakukan pada apapun yang dibayangkan, namun dengan tingkat kompleksitas yang berbeda. Misalnya untuk mengukur tinggi, maka seseorang dapat mengukur dengan mudah karena objek yang diukur merupakan objek kasat mata dengan satuan yang sudah disepakati secara internasional. Namun hal ini akan berbeda jika objek yang diukur lebih abstrak seperti kecerdasan, kematangan, kejujuran, kepribadian, dan lain sebagainya sehingga untuk melakukan pengukuran diperlukan keterampilan dan keahlian tertentu.

Pengukuran adalah perbandingan dengan standar -- William Shockley

Ilmu pengukuran disebut metrologi.

Sebuah tape measure standar dengan satuan metrik dan Amerika Serikat serta dua mata uang penny AS untuk perbandingan

Pranala luar