Lompat ke isi

Putri Elisabeth dari Hesse dan oleh Rhine (1864–1918): Perbedaan antara revisi

tidak ada ringkasan suntingan
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
'''Putri Elisabeth dari Hesse dan oleh Rhine''' yang kemudian menjadi '''Istri Adipati Agung Elizabeth Feodorovna dari Rusia''' ([[Bahasa Rusia]]: Елизавета Фëдоровна Романова, ''Yelizaveta Fyodorovna Romanova'' atau versi bahasa [[bahasa inggris|inggrisnya]] Elizabeth Feodorovna Romanova; dikanonisasikan sebagai '''Holy Martyr Elizabeth Feodorovna'''; 1 November 1864 – 18 Juli 1918) adalah Putri Jerman dari dinasti [[Hesse-Darmstadt]], dan istri dari [[Adipati Agung Sergei Alexandrovich dari Rusia|Adipati Agung Sergei Alexandrovich]], anak laki-laki kelima dari Tsar [[Aleksandr II dari Rusia|Alexander II dari Rusia]] dan istri pertamanya [[Maria Aleksandrovna (Marie dari Hesse)|Maria Alexandrovna (Marie dari Hesse)]]. Elisabeth juga adik dari nenek [[Pangeran Philip, Adipati Edinburgh]], pasangan dari Ratu [[Elizabeth II dari Britania Raya]].
 
Elisabeth juga merupakan cucu dari [[Ratu Victoria]] dan kakak dari Tsarina [[Alexandra Feodorovna|Alexandra]], Tsarina terakhir [[Kekaisaran Rusia]]. Elisabeth sangat populer karena dia sangat cantik dan membuat badan amal untuk menolong orang miskin. Setelah kematian suaminya, Elisabeth menjadi [[biarawati]] di [[Gereja Ortodoks Rusia]] dan meninggalkan gelar, perhiasan atau semuanya yang berasal dari dinasti [[Wangsa Romanov|Romanov]] atau dinasti [[Hesse-Darmstadt]].
 
Elisabeth dibunuh oleh kaum [[Bolshevik]] di [[Alapaevsk]] bersama anggota dinasti Romanov lainnya. Di tahun 2000, dia dikanonisasikan menjadi [[santa]] dan [[martir]] di [[Gereja Ortodoks Rusia]]. Elisabeth dimakamkan di [[Gereja Maria Magdalena]], [[Getsemani]], [[Yerusalem]], [[Israel]].
1.554

suntingan