Soviet Petrograd: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
k Mimihitam memindahkan halaman Petrograd Soviet ke Soviet Petrograd
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 17: Baris 17:
}}
}}


'''Deputi Buruh dan Prajurit Petrograd Soviet''' ({{lang-ru|Петроградский Совет рабочих и солдатских депутатов}}, ''Petrogradskiy soviet rabochikh i soldatskikh deputatov'') adalah sebuah dewan kota [[Saint Petersburg|Petrograd]] (Saint Petersburg), ibukota [[Kekaisaran Rusia]]. Dewan tersebut biasanya disebut '''Petrograd Soviet''' ({{lang-ru|Петроградский совет}}, ''Petrogradskiy soviet''). Pada masa revolusi, dewan tersebut berusaha untuk mendirikan yuridiksinya di seluruh belahan negara sebagai pusat kekuatan rival dari [[Pemerintahan Provinsional Rusia|Pemerintah Provisional]], membuat apa yang dalam historiografi Soviet kenal sebagai ''[[Kekuatan ganda|Dvoyevlastiye]]'' ([[Kekuatan ganda]]). Komite-komitenya merupakan komponen penting pada [[Revolusi Rusia (1917)|Revolusi Rusia]] dan beberapa dari mereka memimpin pemberontakan bersenjata [[Revolusi Oktober]]. Soviet tersebut didirikan pada Maret 1917 setelah [[Revolusi Februari]] sebagai badan perwakilan buruh dan prajurit di kota tersebut, sementara kota tersebut memiliki dewan kotanya sendiri, [[:ru:Санкт-Петербургская городская дума|Duma Kota Saint Petersburg]] (Central Duma).
'''Deputi Buruh dan Prajurit Soviet Petrograd''' ({{lang-ru|Петроградский Совет рабочих и солдатских депутатов}}, ''Petrogradskiy soviet rabochikh i soldatskikh deputatov'') adalah sebuah dewan kota [[Saint Petersburg|Petrograd]] (Saint Petersburg), ibukota [[Kekaisaran Rusia]]. Dewan tersebut biasanya disebut '''Petrograd Soviet''' ({{lang-ru|Петроградский совет}}, ''Petrogradskiy soviet''). Pada masa revolusi, dewan tersebut berusaha untuk mendirikan yuridiksinya di seluruh belahan negara sebagai pusat kekuatan rival dari [[Pemerintahan Provinsional Rusia|Pemerintah Provisional]], membuat apa yang dalam historiografi Soviet kenal sebagai ''[[Kekuatan ganda|Dvoyevlastiye]]'' ([[Kekuatan ganda]]). Komite-komitenya merupakan komponen penting pada [[Revolusi Rusia (1917)|Revolusi Rusia]] dan beberapa dari mereka memimpin pemberontakan bersenjata [[Revolusi Oktober]]. Soviet tersebut didirikan pada Maret 1917 setelah [[Revolusi Februari]] sebagai badan perwakilan buruh dan prajurit di kota tersebut, sementara kota tersebut memiliki dewan kotanya sendiri, [[:ru:Санкт-Петербургская городская дума|Duma Kota Saint Petersburg]] (Central Duma).


== Pranala luar ==
== Pranala luar ==

Revisi per 7 Juni 2017 15.22

Soviet Petrograd
Tanggal pendirian12 Maret 1917 (1917-03-12)
Lokasi
Ketua

Deputi Buruh dan Prajurit Soviet Petrograd (bahasa Rusia: Петроградский Совет рабочих и солдатских депутатов, Petrogradskiy soviet rabochikh i soldatskikh deputatov) adalah sebuah dewan kota Petrograd (Saint Petersburg), ibukota Kekaisaran Rusia. Dewan tersebut biasanya disebut Petrograd Soviet (bahasa Rusia: Петроградский совет, Petrogradskiy soviet). Pada masa revolusi, dewan tersebut berusaha untuk mendirikan yuridiksinya di seluruh belahan negara sebagai pusat kekuatan rival dari Pemerintah Provisional, membuat apa yang dalam historiografi Soviet kenal sebagai Dvoyevlastiye (Kekuatan ganda). Komite-komitenya merupakan komponen penting pada Revolusi Rusia dan beberapa dari mereka memimpin pemberontakan bersenjata Revolusi Oktober. Soviet tersebut didirikan pada Maret 1917 setelah Revolusi Februari sebagai badan perwakilan buruh dan prajurit di kota tersebut, sementara kota tersebut memiliki dewan kotanya sendiri, Duma Kota Saint Petersburg (Central Duma).

Pranala luar

Templat:Revolusi Rusia 1917