Pembantaian München: Perbedaan revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
2 bita ditambahkan ,  12 tahun yang lalu
k
Robot: Cosmetic changes
k (Robot: Cosmetic changes)
[[ImageBerkas:Ap munich905 t.jpg|right|thumb|300px|Seorang anggota [[Black September]] berada di balkon perkampungan atlet [[Israel]]]]
'''Pembantaian München''' adalah peristiwa terorisme saat [[Olimpiade München 1972]]. Pada [[5 September]] [[1972]], kelompok teroris [[September Hitam]] (''Black September'') yang terdiri dari orang-orang [[Palestina]] menyandera dan membunuh 11 atlet [[Israel]] dan seorang polisi. Dalam upaya penyelamatan yang dilaksanakan, seluruh militan terbunuh kecuali tiga di antaranya.
 
Adalah pegulat Israel [[Yossef Gutfreund]] yang awalnya mendengar bunyi mencurigakan di apartemennya ketika ia memeriksanya ia mendapati pintu apartemennya berusaha dibuka sebelum akhirnya ia mulai berteriak memerintahkan teman-temannya yang lain untuk menyelamatkan diri mereka seraya mendorong tubuh kekarnya menahan laju pintu dari tekanan para anggota Black September. Dua orang atlet Israel berhasil meloloskan diri, sementara delapan lainnya memilih untuk bersembunyi. Seorang atlet angkat berat, [[Yossef Romano]] berusaha merebut senjata sang penyelusup, tragisnya ia lalu tertembak dan tewas seketika layaknya nasib [[Mosche Weinberg]], pelatih gulat yang juga tewas saat hendak menyerang anggota penyelusup lainnya dengan pisau buah.
Setelah menawan sembilan atlet Israel pihak Black September menuntut dibebaskannya 234 tawanan [[Palestina]] dari penjara Israel dan dua pemimpin [[kelompok kiri]] [[Baader-Meinhoff]] dari penjara [[Jerman Barat]] dan rute aman menuju [[Mesir]], namun untuk pembebasan tahanan Palestina, pemerintah Israel menolak mentah-mentah permintaan itu kecuali untuk rute aman tujuan [[Kairo]] yang disanggupi pihak Jerman.
 
Menteri [[Bavaria]] yang juga pengurus Perkampungan Olimpiade menawarkan diri sebagai ganti tetapi tawaran ditolak. [[Kanselir]] Jerman Barat [[Willy Brandt]] menghubungi Perdana Menteri Israel [[Golda Meir]] melalui telepon. Israel enggan memenuhi tuntutan tersebut. Jerman sendiri bersedia membebaskan pemimpin Baader-Meinhof, [[Ulrike Meinhof]]dan [[Andreas Baader]].
 
 
== Film ==
{{utama|Munich (film)}}
Peristiwa ini diangkat oleh Steven Spielberg dalam film Munich (2005). Film ini sendiri diangkat dari novel ''Vengeance: The True Story of an Israeli Counter-Terrorist Team'' karya wartawan [[Kanada]], [[George Jonas]], yang menulisnya dari cerita yang dituturkan oleh [[Yuval Aviv]].
259.487

suntingan

Menu navigasi