Lompat ke isi

Software as a Service(saas): Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler Suntingan seluler lanjutan
←Mengalihkan ke SaaS
Tag: Pengalihan baru Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler Suntingan seluler lanjutan
Baris 1: Baris 1:
#ALIH [[SaaS]]
=== '''PENGENALAN Software as a Service(saas)''' ===
'''Software-as-a-Service (SaaS)''' adalah salah satu dari tiga komponen utama komputasi awan, yang lainnya adalah '''Platform-as-a-Service (PaaS)''' dan '''Infrastructure-as-a-Service (IaaS)'''.  SaaS berjalan pada PaaS , dan PaaS  berjalan pada IaaS. SaaS tidak hanya memiliki model bisnisnya sendiri, tetapi juga proses pengembangan  dan infrastruktur komputasinya sendiri. Pada tingkat sistem, tidak seperti perangkat lunak tradisional yang berjalan di atas sistem operasi, SaaS biasanya diterapkan pada infrastruktur SaaS khusus dalam sistem PaaS. Untuk mengelola data perangkat lunak, sistem tradisional sering kali menggunakan database relasional yang mendukung pemrosesan  bersamaan dan memprioritaskan pembaca daripada penulis. Skema data biasanya dinormalisasi.<ref>{{Cite journal|last=Tsai|first=WeiTek|last2=Bai|first2=XiaoYing|last3=Huang|first3=Yu|date=2014-05|title=Software-as-a-service (SaaS): perspectives and challenges|url=http://link.springer.com/10.1007/s11432-013-5050-z|journal=Science China Information Sciences|language=en|volume=57|issue=5|pages=1–15|doi=10.1007/s11432-013-5050-z|issn=1674-733X}}</ref>

SaaS ialah model pengiriman perangkat lunak di mana pihak ketiga membangun aplikasi di infrastruktur cloud dan menyediakannya bagi pelanggan melalui Internet. Artinya, perangkat lunak dapat diakses dari perangkat apa pun yang memiliki koneksi Internet dan browser web, bukan hanya komputer lokal tempat perangkat lunak tersebut diinstal, seperti  perangkat lunak tradisional. Pelanggan dapat menerapkan SaaS di salah satu dari tiga model berbeda yang ditentukan oleh Institut Standar dan Teknologi Nasional (NIST).

* '''Private Cloud''': Perangkat lunak Cloud didasarkan pada infrastruktur yang dirancang khusus untuk salah satu dari beberapa organisasi yang ada. Tisu tersebut diberikan kepada konsumenInfrastruktur dapat dimiliki, dioperasikan, dan dipelihara oleh organisasi, pihak ketiga, atau kombinasi keduanya, dan dapat berlokasi di dalam atau di luar lokasi..
* '''Public Cloud:''' Perangkat lunak  Cloud didasarkan pada infrastruktur yang umumnya gratis untuk digunakan. Infrastruktur dapat dimiliki, dikelola, dan dioperasikan oleh dunia usaha, lembaga akademis, lembaga pemerintah, atau kombinasi keduanya. Ini terletak di lokasi penyedia cloud Anda.
* '''Hybrid Cloud''': Perangkat lunak  Cloud terutama didasarkan pada satu jenis infrastruktur, namun dapat beralih ke infrastruktur lain ketika permintaan tinggi. Teknologi standar atau kepemilikan memungkinkan portabilitas data dan aplikasi.<ref>{{Cite web|title=What Is SaaS - Advantages and Disadvantages {{!}} Cloud Computing|url=https://www.comptia.org/content/articles/what-is-saas|website=CompTIA|language=en|access-date=2024-06-09}}</ref>


=== '''CARA KERJA Software as a Service(saas)''' ===
=== '''CARA KERJA Software as a Service(saas)''' ===

Revisi per 9 Juni 2024 08.14

Mengalihkan ke:

CARA KERJA Software as a Service(saas)

SaaS adalah teknologi berbasis cloud, sehingga bekerja melalui model pengiriman cloud. penyedia perangkat lunak menghosting aplikasi dan data terkait melalui server, database, jaringan, dan sumber daya komputasi mereka sendiri. Atau ISV yang melakukan kontrak dengan penyedia cloud untuk menghosting aplikasi di pusat data penyedia.

Aplikasi dapat diakses dari perangkat apa pun dengan koneksi jaringan aman, biasanya  melalui browser web.Perusahaan yang menggunakan aplikasi SaaS tidak bertanggung jawab untuk menyiapkan dan memelihara perangkat lunak. Pengguna cukup membayar biaya berlangganan untuk mengakses perangkat lunak, yang merupakan solusi siap pakai.

SaaS terkait erat dengan penyedia layanan aplikasi (ASP) dan model pengiriman perangkat lunak komputasi sesuai permintaan, di mana penyedia menghosting perangkat lunak pelanggan dan mengirimkannya ke pengguna akhir yang berwenang melalui Internet. Dalam model SaaS perangkat lunak sesuai permintaan, penyedia memberikan pelanggannya akses berbasis jaringan ke satu salinan aplikasi yang dibuat khusus oleh penyedia  untuk distribusi SaaS.

Harap diperhatikan bahwa kode sumber aplikasi adalah sama untuk semua pelanggan, dan seiring dirilisnya fitur baru, fitur tersebut akan tersedia untuk semua pelanggan.Bergantung pada perjanjian tingkat layanan (SLA) Anda, data pelanggan untuk setiap model dapat disimpan secara lokal, di cloud, atau keduanya secara lokal dan di cloud.[1]

KEUNGGULAN TEKNOLOGI Software as a service(saas)

Bagi pengembang perangkat lunak, SaaS adalah sumber utama model pendapatan berulang dan menawarkan waktu penerapan yang lebih cepat dibandingkan perangkat lunak lokal. Seperti layanan cloud lainnya, SaaS menawarkan peluang bagi usaha kecil untuk mendisrupsi pasar yang ada sambil memanfaatkan model  harga SaaS yang terjangkau.

Manfaat tambahan meliputi: Aksesibilitas: yaitu Kemampuan untuk berjalan melalui browser web 24/7 dari perangkat apa pun. Manajemen operasi: Tidak diperlukan instalasi, pembaruan perangkat, atau administrasi Manajemen otorisasi tradisional. Penghematan biaya: Tidak ada biaya perangkat keras  dan metode penagihan yang fleksibel seperti model bayar sesuai pemakaian. Skalabilitas: Menyesuaikan solusi dengan mudah terhadap berbagai kebutuhan yang mengubah kebutuhan. Penyimpanan data: Data disimpan secara permanen di cloud. Tingkat Keamanan: Vendor SaaS berinvestasi besar-besaran dalam teknologi dan keahlian keamanan.[2]

Solusi  SaaS memberikan manfaat dalam berbagai skenario bisnis: Startup dan usaha kecil akan merasakan SaaS berguna ketika mereka tidak memiliki waktu, modal, atau keahlian untuk membuat aplikasi  sendiri atau menyimpannya secara lokal. Perusahaan besar dapat menggunakan teknologi SaaS untuk proyek jangka pendek atau aplikasi yang tidak diperlukan sepanjang tahun. Bisnis apa pun dapat memanfaatkan teknologi SaaS saat mengelola aplikasi yang memerlukan akses web dan seluler. Menyebarkan SaaS itu sederhana dan dapat dilakukan sendiri untuk aplikasi sederhana yang  diakses melalui cloud publik. Namun, solusi SaaS yang dirancang untuk private cloud akan memerlukan konfigurasi dan pelatihan langsung dari vendor.

KELEMAHAN TEKNOLOGI Software as a service(saas)

Teknologi Software as a Service (SaaS) memiliki banyak kelebihan, namun ada juga beberapa kekurangan yang harus diperhatikan. Berikut beberapa kelemahan utama teknologi SaaS:

  1. Ketergantungan pada koneksi internet, SaaS membutuhkan koneksi internet yang stabil dan cepat. Jika koneksi Internet Anda lambat atau tidak tersedia, penggunaan Layanan SaaS Anda akan terganggu. dari.
  2. Masalah keamanan serta privasi, Informasi sensitif yang disimpan di server pihak ketiga dapat menjadi korban serangan dunia maya. Meskipun penyedia SaaS biasanya menerapkan langkah-langkah keamanan yang ketat, risiko kebocoran data tetap ada..
  3. Kurangnya kendali penuh, Pengguna SaaS tidak memiliki kendali penuh atas perangkat lunak dan infrastruktur yang mereka gunakan. Mereka harus bergantung pada penyedia layanan untuk pemeliharaan, peningkatan, dan perbaikan..
  4. Biaya langganan yang berkepanjangan, SaaS menggunakan model berlangganan bulanan atau tahunan. Biaya awalnya mungkin kecil, namun dalam jangka panjang, biaya berlangganan akan lebih mahal daripada membeli satu lisensi perangkat lunak..
  5. Masalah kompatilibitas dan integrasi, Mengintegrasikan dengan sistem lain atau perangkat lunak yang ada di perusahaan Anda bisa jadi sulit dan memerlukan lebih banyak waktu dan sumber daya.

PERKEMBANGAN Software as a service(saas) DIMASA MENDATANG

Konsultan bisnis Gartner memperkirakan bahwa pada tahun 2023, belanja perangkat lunak oleh tim TI perusahaan di seluruh dunia akan meningkat sebesar 11 persen dibandingkan tahun sebelumnya.Namun, firma riset pasar Research and Markets memperkirakan bahwa nilai pasar layanan cloud akan tumbuh rata-rata tahunan sebesar 14,1 persen antara tahun 2023 dan 2030, mencapai 1,5 triliun dolar AS (Rp 22,5 triliun) pada tahun 2030.Pertumbuhan adopsi perangkat lunak dan layanan cloud secara simultan merupakan sinyal positif bagi pasar perangkat lunak sebagai layanan (SaaS), termasuk di Indonesia. Kini, beberapa perusahaan SaaS Indonesia menawarkan software berbasis cloud siap pakai untuk semua bisnis, dari skala besar hingga kecil.Bisnis juga mempertimbangkan SaaS karena beberapa keuntungan, sepertimempercepat proses penciptaan nilai,pembaruan otomatis atau migrasi ke versi dan fitur terbaru, danmenghemat investasi TI, termasuk biaya pemeliharaan. . dan server lokalPerusahaan cenderung memilih penyedia SaaS daripada memindahkan sendiri perangkat lunak lokal ke cloud untuk menghindari biaya, energi, dan waktu.Untuk lebih memahami pandangan keseluruhan perusahaan-perusahaan di Indonesia, kami bertanya kepada lebih dari 100 CXO Indonesia tentang penerapan perangkat lunak berbasis cloud di perusahaan mereka.[3]

REFERENSI

  1. ^ IDCloudHost, Content (2022-03-07). "Mengenal Cara Kerja dan Karakteristik SaaS". IDCloudHost. Diakses tanggal 2024-06-09. 
  2. ^ "What Is SaaS - Advantages and Disadvantages | Cloud Computing". CompTIA (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-06-09. 
  3. ^ "Tech in Asia Indonesia - Menghubungkan Ekosistem Startup Indonesia". id.techinasia.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-06-09.