Lompat ke isi

Foodbank of Indonesia: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Bl4ckM4y (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Dikembalikan VisualEditor
k Mengembalikan suntingan oleh Bl4ckM4y (bicara) ke revisi terakhir oleh 180.252.169.154
Tag: Pengembalian
Baris 24: Baris 24:
}}
}}


'''The Food Bank of Indonesia''' is a non-profit foundation operating in the social sector. Based in [[Daerah Khusus Ibukota Jakarta|Jakarta]], it serves as the country's first food bank, actively facilitating food access and alleviating hunger in various regions of Indonesia. [[Foodbank of Indonesia|FOI]] also supports the nation in achieving Sustainable Development Goals (SDGs) by promoting food sovereignty and implementing responsible patterns of production and consumption.<ref>{{cite web | url= http://foodbankindonesia.org/siapa-kita/ | title= Definisi Foodbank of Indonesia | access-date= 2021-08-13 | archive-date= 2023-03-28 | archive-url= https://web.archive.org/web/20230328191055/http://foodbankindonesia.org/siapa-kita/ | dead-url= no }}</ref>
'''Food Bank of Indonesia''' adalah yayasan non-profit yang bergerak di bidang sosial. Berada di [[Jakarta]], Foodbank of Indonesia sebagai bank pangan pertama di Indonesia aktif membuka akses pangan dan membasmi kelaparan di berbagai daerah di [[Indonesia]]. FOI juga mendukung negara dalam mencapai [[Sustainable Development Goals]] (SDGs) dalam mencapai kedaulatan pangan dan menerapkan pola produksi dan konsumsi yang bertanggung jawab.<ref>{{cite web | url= http://foodbankindonesia.org/siapa-kita/ | title= Definisi Foodbank of Indonesia | access-date= 2021-08-13 | archive-date= 2023-03-28 | archive-url= https://web.archive.org/web/20230328191055/http://foodbankindonesia.org/siapa-kita/ | dead-url= no }}</ref>


==History==
==Sejarah==
The Foodbank of Indonesia was initially established on May 20, 2015, in Jakarta. Currently, FOI's coverage extends to 39 locations both within and outside of Java. FOI operates through a network consisting of 4,454 volunteers and donors from various companies, stores, food producers, and retail traders. Together, FOI, along with its donors and volunteers, has distributed 1,246 tons or 88,095 food packages to FOI beneficiaries, including children, natural disaster victims, the elderly, informal workers, and others.
Foodbank of Indonesia pertama kali didirikan pada 20 Mei 2015 di [[Jakarta]]. Saat ini, cakupan wilayah FOI tersebar di 39 titik di [[Jawa]] dan luar Jawa. FOI memiliki jaringan yang terdiri dari 4.454 relawan dan donatur dari berbagai perusahaan, pertokoan, produsen makanan dan pedagang retail. Bersama-sama, FOI beserta donatur dan relawan telah membagikan 1.246 ton atau 88.095 paket makanan kepada nasabah FOI yang terdiri dari anak-anak, korban bencana alam, [[lansia]], pekerja informal dan lain-lain.


==Activity==
==Kegiatan==
Sejumlah kegiatan yang dilakukan Foodbank of Indonesia di antaranya:
Sejumlah kegiatan yang dilakukan Foodbank of Indonesia di antaranya:



Revisi per 15 November 2023 04.34

Food Bank of Indonesia
Berkas:Logo Foodbank of Indonesia.jpg
Tanggal pendirian2015
TipeNonprofit
Lokasi
  • Jakarta, Indonesia
Situs webfoodbankindonesia.org

Food Bank of Indonesia adalah yayasan non-profit yang bergerak di bidang sosial. Berada di Jakarta, Foodbank of Indonesia sebagai bank pangan pertama di Indonesia aktif membuka akses pangan dan membasmi kelaparan di berbagai daerah di Indonesia. FOI juga mendukung negara dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) dalam mencapai kedaulatan pangan dan menerapkan pola produksi dan konsumsi yang bertanggung jawab.[1]

Sejarah

Foodbank of Indonesia pertama kali didirikan pada 20 Mei 2015 di Jakarta. Saat ini, cakupan wilayah FOI tersebar di 39 titik di Jawa dan luar Jawa. FOI memiliki jaringan yang terdiri dari 4.454 relawan dan donatur dari berbagai perusahaan, pertokoan, produsen makanan dan pedagang retail. Bersama-sama, FOI beserta donatur dan relawan telah membagikan 1.246 ton atau 88.095 paket makanan kepada nasabah FOI yang terdiri dari anak-anak, korban bencana alam, lansia, pekerja informal dan lain-lain.

Kegiatan

Sejumlah kegiatan yang dilakukan Foodbank of Indonesia di antaranya:

  1. Mentari Bangsaku (MB) Sebuah program pemberian makanan tambahan untuk memerangi kelaparan pada anak-anak usia dini dan sekolah dasar. Anak-anak yang cukup mendapatkan makanan, bisa belajar dengan baik untuk suatu hari kelak menjadi mentari-mentari bangsaku. Program ini bekerja sama dengan PAUD dan SD di 22 kota kabupaten di Indonesia.
  2. Sayap dari Ibu (SADARI) Membantu para Ibu Indonesia untuk memberikan Sayap kepada sang anak khususnya pada 1000 HPK melalui kegiatan intervensi pangan. Setiap anak berhak untuk mempunyai sayap agar bisa terbang tinggi.
  3. Response in Emergency Disaster (RED) Bantuan pangan bagi korban terdampak bencana terutama anak-anak, perempuan dan lansia.
  4. Dapur Pangan FOI (DPF) Pergerakan bersama masyarakat untuk mengolah bahan pangan yang ditunjukkan bagi lansia dan anak-anak dari keluarga pra-sejahtera di lingkungan sekitar lokasi Dapur Pangan FOI, dan lain-lain.[2]

Referensi

  1. ^ "Definisi Foodbank of Indonesia". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-28. Diakses tanggal 2021-08-13. 
  2. ^ "Kegiatan Foodbank of Indonesia". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-28. Diakses tanggal 2021-08-13. 

Pranala luar