Lompat ke isi

Shock wave: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
k Bot: Perubahan kosmetika
Duplikat dan sama dengan terjemahan mesin
Tag: Pengalihan baru Suntingan visualeditor-wikitext
 
Baris 1: Baris 1:
#ALIH [[Gelombang kejut]]
Dalam ilmu fisika, '''Gelombang kejut''' (Shock Wave), atau guncangan, adalah sejenis gangguan penyebaran yang bergerak lebih cepat daripada kecepatan suara lokal dalam medium. Seperti gelombang biasa, gelombang kejut membawa energi dan dapat merambat melalui medium tetapi dicirikan oleh perubahan tekanan, suhu, dan kepadatan medium yang tiba-tiba, hampir terputus-putus.

Untuk tujuan perbandingan, dalam aliran supersonik, penambahan ekspansi tambahan dapat dicapai melalui kipas ekspansi, juga dikenal sebagai kipas ekspansi Prandtl-Meyer. Gelombang ekspansi yang menyertainya dapat mendekati dan akhirnya bertabrakan dan bergabung kembali dengan gelombang kejut, menciptakan proses interferensi destruktif. Boom sonik yang terkait dengan lewatnya pesawat supersonik adalah jenis gelombang suara yang dihasilkan oleh interferensi konstruktif.

Tidak seperti soliton (jenis gelombang nonlinier lainnya), energi dan kecepatan gelombang kejut saja menghilang secara relatif cepat dengan jarak. Ketika gelombang kejut melewati materi, energi dipertahankan tetapi entropi meningkat. Perubahan dalam sifat materi ini memanifestasikan dirinya sebagai penurunan energi yang dapat diekstraksi sebagai kerja, dan sebagai gaya hambat pada objek supersonik;gelombang kejut adalah proses yang sangat ireversibel.

== Referensi ==

<ref>https://web.archive.org/web/20060409155430/http://selair.selkirk.bc.ca/aerodynamics1/High-Speed/Page2c.html</ref>

Revisi terkini sejak 23 Februari 2020 08.18

Mengalihkan ke: