Israel dari Trier

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Israel sang Penata Bahasa
Lahirskt. 895
Meninggalskt. 965 – 895; umur -71–-70 tahun
Nama lainIsrael Scot
Israel dari Trier
Karya akademis
Minat utamaBahasa Latin, Tata bahasa, Puisi, Linguistik, Teologi
Sebuah halaman buku umum Israel, mengomentari Porfirius Isagoge

Israel sang Penata Bahasa[a] (skt. 895 – skt. 965) merupakan salah satu ilmuwan Eropa terkemuka pada pertengahan abad ke-10. Pada tahun 930-an, ia berada di istana Raja Ethelstan dari Inggris (r. 924–39). Setelah kematian Æthelstan, Israel berhasil mencari pelindung Uskup Agung Robert dari Trier dan menjadi guru Bruno, kemudian Uskup Agung Köln. Pada akhir tahun 940-an Israel tercatat sebagai seorang uskup, dan pada akhir hidupnya ia adalah seorang rahib di biara Benediktin Saint-Maximin di Trier.

Israel adalah seorang penyair berprestasi, murid filsuf Irlandia abad ke-9, Johannes Scotus Eriugena dan salah satu dari sedikit ilmuwan Barat pada waktunya untuk memahami bahasa Yunani. Ia menulis alur teologis dan gramatikal, dan komentar tentang karya filsuf dan teolog lainnya.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Israel is called the Grammarian by most modern scholars, but Édouard Jeauneau refers to him as "Israel Scot"[1] (meaning Irish) and Michael Wood as "Israel of Trier".[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lapidge, Anglo-Latin Literature, p. 87, n. 1
  2. ^ Wood, "A Carolingian Scholar", p. 135

Sumber[sunting | sunting sumber]

Bacaan selanjutnya[sunting | sunting sumber]

  • Jeauneau, Edouard (1987). "Pour le dossier d'Israel Scot". Etudes Erigéniennes (dalam bahasa French). hlm. 641–706. 
  • Jeudy, Colette (1977). "Israël le grammairien et la tradition manuscrite du commentaire de Remi d'Auxerre à l' 'Ars minor' de Donat". Studi medievali. 3 (dalam bahasa French) (18): 751–771. 
  • Selmer, Carl (1950). "Israel, ein unbekannter Schotte des 10, Jahrunderts". Studien und Mitteilungen zur Geschichte des Benediktiner-Ordens und seiner Zweige (dalam bahasa German) (62): 69–86.