Ischium

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ischium
Korset panggul
Sendi panggul kiri, dibuka dengan menghilangkan dasar acetabulum dari dalam pelvis (Ischium dilabeli pada kiri bawah).
Rincian
OrigoSuperior gemellus
Pengidentifikasi
Bahasa Latinos ischii
MeSHD007512
TA98A02.5.01.201
TA21339
FMA16592
Daftar istilah anatomi tulang

Ischium (/ˈɪski.əm/;[1] bentuk jamak: ischia) membentuk bagian bawah dan belakang dari tulang panggul (os coxae).

Ischium terletak dibawah ilium dab dibelakan pubis, dan merupakan salahsatu dari tiga bagian, yang bila disatukan membentuk tulang pinggul. Bagian superior dari wilayah ini membentuk sekitar sepertiga dari acetabulum.

Hewan lainnya[sunting | sunting sumber]

Dinosaurus[sunting | sunting sumber]

Klad Dinosauria terbagi menjadi Saurischia dan Ornithischia bedasarkan struktur panggulnya, termasuk ischium.[2] Pada kebanyakan dinosaurus, ischiumnya memanjang kebawah dari ilium dan mengarah ke ekor hewan tersebut. Acetabulumnya, yang dapat dianggap sebagai sebuah "rongga panggul", merupakan sebuah bukaan berbentuk mangkok pada kedua sisi korset panggul, yang etrbentuk pada titik bertemunya ischium, ilium dan pubis, dan menjadi lokasi masuknya kepala femur. Orientasi dan posisi dari acetabulum menjadi salahsatu ciri morfologis utama yang membuat dinosaurus untuk berjalan dalam posisi tegak dengan kaki yang tepat dibawah tubuh mereka.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "ischium". The Free Dictionary. 
  2. ^ Seeley, H.G. (1888). "On the classification of the fossil animals commonly named Dinosauria." Proceedings of the Royal Society of London, 43: 165-171.
  3. ^ Martin, A.J. (2006). Introduction to the Study of Dinosaurs. Second Edition. Oxford, Blackwell Publishing. pg. 299-300. ISBN 1-4051-3413-5.