Isap-madu punggung-karat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Isap-madu punggung-karat adalah spesies burung dalam keluarga Meliphagidae. Ini ditemukan di Indonesia dan Papua Nugini. Habitat aslinya adalah hutan pegunungan lembab subtropis atau tropis.Tidak ada penampakan yang dikonfirmasi antara tahun 2008 dan 2023[1] sampai ekspedisi ilmiah ke Pegunungan Cyclops di New Guinea menangkap gambar sepasang burung pada bulan Juni dan Juli tahun itu.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Isap-madu punggung-karats adalah burung pemakan madu berukuran sedang yang hanya terjadi di hutan pegunungan dari beberapa pegunungan yang terisolasi. Warnanya abu-abu, dengan paruh panjang melengkung, garis-garis hitam lebih berat di tubuhnya, coklat menyebar di punggung dan sisinya, dan paruh abu-abu muda. Sesekali, burung ini mengeluarkan "piiwiiiuu!" Suara. Suara ini juga memiliki nada berbeda yang bermanifestasi sebagai jatuh dan kemudian naik atau hanya naik.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Found at last: Bizarre, egg-laying mammal finally rediscovered after 60 years". ScienceDaily (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-01-30. 
  2. ^ "Isap-madu punggung-karat - eBird". ebird.org (dalam bahasa in). Diakses tanggal 2024-01-30.