Irianti Erningpraja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Irianti Erningpraja
LahirTati Irianti
18 November 1965 (umur 58)
Jakarta , Indonesia
Pekerjaan
Orang tuaAhem Erningpradja
Karier musik
Genrepop
Tahun aktif1994 - sekarang

Tati Irianti atau lebih dikenal dengan nama Irianti Erningpraja (Jakarta, 18 November 1965) adalah seorang aktris, perenang, pencipta lagu, dan penyanyi Indonesia. Lagunya yang terkenal pada tahun 1990-an adalah "Ada Kamu" dan "Kasih". Ia adalah putri dari Menteri Perburuhan (Tenaga Kerja) pada pemerintahan Soekarno, Raden Ahem Erningpraja.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Semasa kecil, Irianti dikenal sebagai atlet renang. Memulai karier sebagai perenang sejak kelas satu Sekolah Dasar sudah malang melintang di berbagai kejuaraan renang. Mendapatkan berbagai medali dari bermacam kejuaraan renang baik kelompok umur nasional maupun dunia juga dalam kejuaraan skala yang lebih besar seperti PON IX, SEA Games 1977 dan Asian Games 1978. Di akhir Sekolah Menengah Pertama Irianti menderita sinusitis dan terpaksa berhenti dari kariernya di dunia renang dan masuk grup Tari Terkemuka Swara Maharddhika pimpinan Goeroeh Soekarno Putra. Irianti menjadi penari profesional dan pentas di seluruh pelosok tanah air. Dan juga turut serta dalam pagelaran akbar Swara Maharddhika yang berjudul “Untukmu Indonesiaku” dan “Cinta Indonesia”. Sebagai penari Irianti juga sempat melanglang buana diantaranya melakukan pentas di Kenya, Mombasa, Nairobi dan lain-lain.

Irianti juga sempat menjadi koreografer dan produser di berbagai show seperti ulang tahun TVRI dan menghidupkan kembali dan memproduseri pergelaran “Lomba Cipta Lagu Remaja” di pertengahan tahun 90-an.

Tahun 1983, dengan bantuan musisi Candra Darusman dan Adjie Soetama, Irianti secara tak sengaja menyertakan lagu karya pertamanya ke Festival Pop Song Nasional 1983 dan tak diduga, lagu itu berhasil menjadi juara pertama dan dinyanyikan oleh penyanyi pendatang baru dari Jerman, Vina Panduwinata. Sementara Irianti beserta teman temannya seperti Memes dan Titi Dj saat itu masih belum menancapkan karier sbg penyanyi tetapi sudah hobi menyanyi dan mereka membantu kemenangan lagu tsb sebagai backing Vocal dan dancer yang mendampingi Vina Panduwinata dalam pergelaran malam final tersebut.

Mulailah Irianti berkarier sebagai pengarang lagu. Selain dinyanyikan sendiri dibawakan juga oleh artis artis terkenal saat itu seperti Vina, Atiek CB, Trio Libels, Ismi Azis, Nia Zulkarnain, TitiDJ, Vonny Sumlang, Indra Lesmana, Harvey, Rida,Sita,Dewi, Cynthia Lamusu dan lain-lain. Sebagai pengarang lagu, pada tahun 1995 sampai sekitar tahun 2000 Irianti juga sempat berkolaborasi dengan musisi international seperti Saxophonist Dave Koz, pianist jazz kenamaan Jeff Lorber juga penyanyi Country Victoria Shaw dan lagu Irianti berhasil direkam dan diterbitkan di Amerika Serikat.

Sekitar Tahun 1986 berkat jasa personel dari Swara Maharddhika Band, Irianti dikenalkan dengan produser rekaman ternama dengan label “Union Artis” Irianti ditawari rekaman dan menjadi penyanyi sampai sekarang.

Dalam perjalannnya sebagai artis sejak tahun 1995 - 2005 Irianti juga sempat menjadi presenter di beberapa acara TV swasta seperti acara Pesta di Indosiar, acara pengobatan Alternatif ANtV, Musik di TPI, Muziek Muziek Grammy Award di SCTV, Interior Desain di SCTV, Melihat Kebesaran Allah di TVRI, Halal Alhamdulillah di TVRI, juga mewawancarai musisi terkenal yg datang ke indonesia seperti Kitaro, Pat Metheni, Dave Koz, Shanice, David Foster dll.

Tahun 2005 Irianti mengalami musibah dan sempat mandek dari dunia hiburan. Tapi, tahun 2009 telah menulis 6 judul buku tentang pengembangan diri dan kecerdasan spiritual yang diterbitkan oleh penerbit Elexmedia Komputindo. Irianti juga menjadi pembicara tentang pengembangan diri dan membuat beberapa workshop serta membuka klinik transformasi diri di Dharmawangsa Square kebayoran.

Pertengahan tahun 2010, Irianti juga membuka diri lagi dalam bidang hiburan dan menyelesaikan album the bestnya. berkolaborasi dengan musisi senior maupun musisi pendatang baru seperti Andre Hehanusa, Sita Nursanti, Bonita (Aldisyah), Rapper Momeyz), Ngapz, Chewy, Melda, dan Ika Putri.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

  • Kuharus Mencari (1986)
  • Ada Kamu (repackage album Kuharus Mencari, 1986)
  • Aku Cinta Aku Rindu (1987)
  • Senyumlah Sayang (1989)
  • Mengapa Kau Tinggalkan Aku (1995)
  • Project Bebas (2011)

Referensi[sunting | sunting sumber]