Intervensi dan Dukungan Perilaku Positif

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Intervensi dan Dukungan Perilaku Positif (Inggris: Positive Behavior Interventions and Supports, PBIS) adalah sekumpulan ide dan alat yang digunakan sekolah untuk memperbaiki perilaku siswa. PBIS menggunakan program, praktik, dan strategi berbasis bukti dan data untuk membingkai peningkatan perilaku yang berkaitan dengan pertumbuhan siswa dalam kinerja akademik, keamanan, perilaku, dan pembentukan dan pemeliharaan budaya sekolah yang positif. PBIS menangani kebutuhan perilaku siswa berisiko dan kebutuhan multi-level semua siswa, yang menumbuhkan lingkungan yang mempromosikan pengajaran dan pembelajaran yang efektif di sekolah. Selain itu, peneliti seperti Robert H. Horner percaya bahwa PBIS meningkatkan waktu staf sekolah untuk menyampaikan instruksi dan pelajaran yang efektif kepada semua siswa.[1]

Berbeda dengan PBIS, banyak sekolah menggunakan praktik disiplin eksklusi termasuk penahanan, skorsing, atau pengusiran untuk memisahkan siswa dari kelas dan teman sebaya. PBIS menekankan pencegahan perilaku bermasalah sebelum terjadi untuk meningkatkan kesempatan bagi siswa untuk belajar dengan mempertahankannya di dalam kelas. PBIS adalah kerangka kerja berbasis tim untuk sekolah yang meminjam elemen dari respons terhadap intervensi, sebuah intervensi yang menggunakan data diagnostik untuk mengembangkan rencana pembelajaran yang dipersonalisasi untuk semua siswa.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

PBIS adalah singkatan dari Positive Behavioral Intervention and Supports.[2] Manajemen dan disiplin kelas yang efektif sangat penting untuk pengajaran dan pembelajaran. PBIS menekankan penggunaan terpadu manajemen kelas dan strategi disiplin seluruh sekolah ditambah dengan instruksi akademik yang efektif untuk menciptakan iklim sekolah yang positif dan aman bagi semua siswa. PBIS didasarkan pada pendekatan psikologi behavioral untuk meningkatkan perilaku siswa, yang berarti bahwa guru dan siswa mengidentifikasi perilaku yang salah, model perilaku yang sesuai, dan memberikan konsekuensi yang jelas untuk perilaku dalam konteks kelas. Dalam model PBIS, sekolah harus mendefinisikan, mengajarkan, dan memperkuat perilaku yang sesuai untuk memastikan keberhasilan. Penelitian menunjukkan bahwa menghukum siswa secara tidak konsisten tanpa alternatif positif, tidak efektif dan hanya menawarkan solusi jangka pendek.[3] Mencontoh dan menghargai perilaku positif lebih efektif. Tujuan PBIS adalah untuk membangun iklim sekolah yang positif. Untuk itu, telah ditetapkan suatu rangkaian dukungan perilaku yang dapat diterapkan di tingkat sekolah (tingkat dasar), untuk kelompok kecil siswa (tingkat menengah), dan untuk tingkat individu (tingkat tersier).[3] Ketika PBIS diterapkan ke seluruh sekolah, itu disebut PBIS sekolah, atau SWPBIS.[4]

Komponen inti[sunting | sunting sumber]

PBIS bukanlah program paket untuk dibeli oleh pemerintah. Sebaliknya, ini adalah pendekatan kerangka kerja yang membantu sekolah untuk mengidentifikasi tugas-tugas utama dalam mengembangkan perilaku positif preventif yang disesuaikan dengan sekolah mereka sendiri. Ini adalah pendekatan yang ditentukan oleh komponen desain inti berikut.

Hasil[sunting | sunting sumber]

Hasilnya adalah tujuan untuk meningkatkan perilaku siswa yang dituju oleh komunitas sekolah. Sasaran harus dapat diukur, dan harus jelas merupakan hasil penerapan model PBIS.[5] Hasil dari kerangka PBIS yang berhasil dengan sekolah dapat diukur baik dari data perilaku maupun prestasi akademik siswa di sekolah tersebut. Tujuan akademik dan perilaku sering ditentukan dan didukung oleh siswa, keluarga, dan guru bersama-sama agar program berhasil.[3]

Data[sunting | sunting sumber]

PBIS didasarkan pada data yang digunakan untuk semua tingkat pengambilan keputusan.[6] Tim sering mempertimbangkan tren dalam jumlah, lokasi di mana masalah terjadi, di kelas mana mereka terjadi, dan masing-masing siswa yang terlibat. Melalui data tersebut, sekolah menginventarisir situasi mereka saat ini, menentukan area untuk perubahan dan atau perbaikan, dan mengevaluasi dampak dari intervensi saat ini dan masa depan.

Praktik[sunting | sunting sumber]

Komponen ini mengacu pada kurikulum, instruksi, intervensi, dan strategi berbasis bukti yang diterapkan di sekolah, dan dimaksudkan untuk menciptakan pemahaman umum dan harapan bersama. Praktik-praktik ini diperkenalkan melalui tim setelah meninjau data.[5]

Sistem[sunting | sunting sumber]

PBIS membutuhkan tim peninjau pendidik dengan dukungan dari seluruh sekolah dan dukungan administrasi yang kuat untuk merancang dan menegakkan sistem PBIS. Tim tersebut umumnya merupakan kelompok perwakilan dari semua staf (guru kelas, guru pendidikan khusus, spesialis, dll.). Di sekolah menengah, siswa juga dapat dimasukkan sebagai bagian dari tim ini. Tim menciptakan sistem yang digunakan oleh sisa staf dan siswa yang mereka layani.[7]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Horner, Robert H.; Sugai, George; Anderson, Cynthia M. (2017-12-14). "Examining the Evidence Base for School-Wide Positive Behavior Support". Focus on Exceptional Children. 42 (8). doi:10.17161/fec.v42i8.6906. ISSN 0015-511X. 
  2. ^ Wisconsin Department of Public Instruction (DPI) (n.d.). "Positive behavioral intervention and supports (PBIS)". Retrieved March 9, 2015.
  3. ^ a b c Bradley, Renee (2015). "Positive behavioral interventions and supports (PBIS)". U.S. Department of Education (OSEP Technical Assistance Center). Retrieved March 9, 2015.
  4. ^ Harlacher, Jason E.; Rodriguez, Billie Jo (2018). An Educator’s Guide to Schoolwide Positive Behavioral Interventions and Supports: Integrating All Three Tiers. Bloomington, IN: Marzano Research. 
  5. ^ a b Student Services (2015). "Positive behavior interventions & supports (PBIS): What is PBIS?" Retrieved March 9, 2015.
  6. ^ Bradley, Renee (2015). "Positive behavioral interventions and supports (PBIS)". U.S. Department of Education (OSEP Technical Assistance Center). Retrieved March 9, 2015.
  7. ^ Colvin, G.; Fernandez, E. (2000). "Sustaining effective behavior support systems in an elementary school". Journal of Positive Behavior Interventions. 2 (4): 251–253. doi:10.1177/109830070000200414. 

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]