Internot

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Internot adalah istilah untuk seorang desainer, operator, atau pengguna yang mampu mengoperasikan Internet secara teknis.[1] Istilah ini pertama dipakai oleh peserta Internet Engineering Task Force (IETF), dan perlahan meluas ke anggota Internet Society (ISoc) dan komunitas Internet yang lebih besar lagi.

Internot adalah bahasa gaul siber untuk seorang veteran daring yang akrab dengan Internet sebagai sebuah entitas, dan ruang siber pada umumnya. Kata ini merupakan gabungan dari Internet dan astronot. Istilah lain yang agak mirip dengan internot adalah sibernot dan netizen, meski masing-masing kata tersebut memiliki arti tersendiri. Arti pada umumnya adalah keberadaan pengalaman dan pengetahuan tentang Internet atau ruang siber melebihi pengguna biasa.

Seorang internot adalah orang yang paham tentang dunia daring, biasanya melalui pengalaman daring selama bertahun-tahun, disertai pengetahuan mendalam tentang cara menggunakan mesin pencari dan string pencarian, sumber daya Internet, forum, grup berita dan ruang obrolan untuk mencari informasi. Semakin banyak seseorang tahu tentang Internet, sejarah dan politiknya, semakin mungkin istilah internot cocok disematkan kepada mereka. Semakin sedikit pengguna tahu tentang Internet, semakin besar kemungkinan istilah lain disematkan kepadanya.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ A Brief History of the Internet from the Internet Society