International Launch Services

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
ILS International Launch Services, Inc.
IndustriLuar Angkasa dan Pertahanan Militer
Didirikan1995
Kantor
pusat
Berpusat di Reston, Virginia, Amerika-Rusia joint venture
Tokoh
kunci
Phil Slack, President
Produkroket Proton M
Karyawan
60<
Situs webwww.ilslaunch.com

International Launch Service (ILS) adalah salah satu perusahaan provider utama dalam pelayanan peluncuran satelit komunikasi global[1]. ILS berkantor pusat di Reston, Washington DC, Amerika[1].

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

ILS ini memproduksi roket peluncur satelit, Proton, untuk tujuan sipil dan komersil di seluruh dunia.[1] Perusahaan ini berdiri pada 10 Juni 1995 setelah terjadinya merger antara perusahaan Lockheed dan Marietta Martin untuk memasarkan peluncuran satelit komunikasi komersil, roket Proton M dan roket Atlas pada pada pasar dunia[1].

ILS adalah anak perusahaan dari Khrunichev State Reasearch and Production Space Center yang merupakan pemegang saham terbesar di ILS pada tahun 2008[1]. Perusahaan Khrunichev telah meluncurkan lebih dari 390 roket peluncur satelit, Proton[1]. Sementara ILS telah meluncurkan 80 roket Proton untuk tujuan komersil terhitung sejak perusahaan didirikan pada 1965[1].

Roket Proton[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Oktober 2006, ILS menjadi perusahaan yang berdiri sendiri dan befokus pada satu produknya yaitu Proton M / Breeze M[1]. Proton M merupakan roket yang digunakan sebagai kendaraan peluncur satelit. Perancangan dan pembuatan Proton M dibuat oleh Khrunichev yang memiliki pengawasan dan kendali langsung terhadap semua manufaktur roket Proton sebanyak 70 persen[1]. Proton M merupakan evolusi teknologi terbaru dari kendaraan peluncur satelit yang sebelumnya dirancang pada Mei 1965.[1]

Roket Proton M diluncurkan pertama kali untuk misi federal Rusia April 2001. Sedangkan peluncuran Proton pertama kali dengan tujuan komersil diluncurkan pada Desember 2002 untuk satelit NIMIQ 2 untuk Telesat.[1]

Kerjasama dengan Indonesia[sunting | sunting sumber]

ILS menjadi perusahaan peluncur salah satu satelit milik Indonesia[2][3]. Satelit itu adalah satelit Garuda 1 yang diluncurkan pada 12 Februari 2000 dari Kosmodrom Baikonur di Republik Kazakhsatan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h i j k (Inggris) International Launch Service. "About Us". Diakses tanggal 29-Januari-2015. 
  2. ^ (Inggris) ILS. "ILS LAUNCH OF ACES GARUDA 1 SATELLITE SETS RECORD "FIRSTS"". Diakses tanggal 28-Januari-2015. 
  3. ^ (Inggris) Gunter's Space Page. "Garuda 1, 2". Diakses tanggal 28-Januari-2015.