International Launch Services

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
ILS International Launch Services, Inc.
Industri/jasa Luar Angkasa dan Pertahanan Militer
Didirikan 1995
Kantor pusat Berpusat di Reston, Virginia, Amerika-Rusia joint venture
Tokoh penting Phil Slack, President
Produk roket Proton M
Karyawan 60<
Situs web www.ilslaunch.com

International Launch Service (ILS) adalah salah satu perusahaan provider utama dalam pelayanan peluncuran satelit komunikasi global[1]. ILS berkantor pusat di Reston, Washington DC, Amerika[1].

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

ILS ini memproduksi roket peluncur satelit, Proton, untuk tujuan sipil dan komersil di seluruh dunia.[1] Perusahaan ini berdiri pada 10 Juni 1995 setelah terjadinya merger antara perusahaan Lockheed dan Marietta Martin untuk memasarkan peluncuran satelit komunikasi komersil, roket Proton M dan roket Atlas pada pada pasar dunia[1].

ILS adalah anak perusahaan dari Khrunichev State Reasearch and Production Space Center yang merupakan pemegang saham terbesar di ILS pada tahun 2008[1]. Perusahaan Khrunichev telah meluncurkan lebih dari 390 roket peluncur satelit, Proton[1]. Sementara ILS telah meluncurkan 80 roket Proton untuk tujuan komersil terhitung sejak perusahaan didirikan pada 1965[1].

Roket Proton[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Oktober 2006, ILS menjadi perusahaan yang berdiri sendiri dan befokus pada satu produknya yaitu Proton M / Breeze M[1]. Proton M merupakan roket yang digunakan sebagai kendaraan peluncur satelit. Perancangan dan pembuatan Proton M dibuat oleh Khrunichev yang memiliki pengawasan dan kendali langsung terhadap semua manufaktur roket Proton sebanyak 70 persen[1]. Proton M merupakan evolusi teknologi terbaru dari kendaraan peluncur satelit yang sebelumnya dirancang pada Mei 1965. [1]

Roket Proton M diluncurkan pertama kali untuk misi federal Rusia April 2001. Sedangkan peluncuran Proton pertama kali dengan tujuan komersil diluncurkan pada Desember 2002 untuk satelit NIMIQ 2 untuk Telesat.[1]

Kerjasama dengan Indonesia[sunting | sunting sumber]

ILS menjadi perusahaan peluncur salah satu satelit milik Indonesia[2][3]. Satelit itu adalah satelit Garuda 1 yang diluncurkan pada 12 Februari 2000 dari Kosmodrom Baikonur di Republik Kazakhsatan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h i j k (Inggris) International Launch Service. "About Us". Diakses tanggal 29-Januari-2015. 
  2. ^ (Inggris) ILS. "ILS LAUNCH OF ACES GARUDA 1 SATELLITE SETS RECORD "FIRSTS"". Diakses tanggal 28-Januari-2015. 
  3. ^ (Inggris) Gunter's Space Page. "Garuda 1, 2". Diakses tanggal 28-Januari-2015.