Lompat ke isi

Institut Suara dan Visi Belanda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Institut Suara & Visi Belanda (bahasa Belanda: Nederlands Instituut voor Beeld & Geluid, atau disingkat Beeld & Geluid) adalah pusat arsip budaya dan museum yang terletak di Hilversum. Institut Suara & Visi bertugas untuk mengumpulkan, merawat, dan menyediakan akses ke lebih dari 70% warisan audio-visual Belanda. Secara keseluruhan, memiliki koleksi lebih dari 750.000 jam [televisi, radio, musik, dan film yang dimulai pada tahun 1898 dan terus bertambah setiap hari,[1] menjadikan Institut Suara dan Visi sebagai salah satu arsip audio-visual terbesar di Eropa. Didirikan pada tahun 1997 sebagai Arsip Audiovisual Belanda (bahasa Belanda: Nederlands Audiovisueel Archief (NAA)), dan menggunakan nama yang sekarang pada tahun 2002. Namun, sejarahnya berawal pada tahun 1919, dengan pendirian Nederlandsch Centraal Filmarchief, sebagai salah satu pendahulunya.[2]

Institut Suara dan Visi adalah arsip bisnis perusahaan penyiaran nasional, sebuah lembaga warisan budaya (memberikan akses kepada pelajar dan masyarakat umum) dan juga sebuah museum bagi para pengunjungnya. Alur kerja produksi televisi digital dan upaya digitalisasi besar-besaran membuka peluang bagi layanan baru.

Institut Suara dan Visi adalah mitra yang berpengalaman dalam proyek-proyek penelitian yang didanai oleh Eropa. Proyek-proyek tersebut termasuk atau telah mencakup: P2P-Fusion, MultiMatch, PrestoSpace, VIDI-Video, LiWA Living Web Archives (Proyek Riset), Communia, Video Active (Proyek Riset Eropa) dan aplikasi seluler Radio Garden, yang memberikan akses kepada para pendengarnya ke stasiun-stasiun radio di seluruh dunia, yang mungkin merupakan proyek riset mereka yang paling terkenal.

Pada tahun 2019, Museum voor Communicatie, yang didirikan di Den Haag pada tahun 1929, digabungkan dengan Institut Suara dan Visi Belanda. Museum ini berganti nama menjadi Beeld en Geluid Den Haag.

Pada tanggal 1 Januari 2022, Muziekweb bergabung dengan Institut Suara dan Visi Belanda. Muziekweb sebelumnya berafiliasi dengan Perpustakaan Pusat Rotterdam. Museum ini digambarkan sebagai "koleksi musik terbesar di Eropa".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "About | Beeld en Geluid". The Netherlands Institute for Sound & Vision. Diakses tanggal 2014-08-01. 
  2. ^ J.L. van der Gouw, C. Bloemen. Inventaris van het archief van de Vereniging Nederlands Centraal Filmarchief, 1919-1933 (1940). 2022 [1954]. Nationaal Archief, Nummer Toegang: 2.19.006

Pranala luar[sunting | sunting sumber]