Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien
Jenis Perguruan tinggi swasta
Rektor KH. Dr. Ahmad Fauzi Tidjani, MA
Lokasi PP. AL-AMIEN PRENDUAN, Pragaan laok, Pragaan, Sumenep, Jawa TimurSumenep, Jawa Timur, Indonesia
Situs web http://idiaprenduan.com

Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien adalah perguruan tinggi swasta di Sumenep, Jawa Timur, Indonesia.

Sejarah Singkat[sunting | sunting sumber]

Institut Dirosat Islamiyah AL-AMIEN (IDIA) Prenduan merupakan lembaga pendidikan tinggi di lingkungan Pondok Pesantren AL-AMIEN PRENDUAN, yang berbasis tafaqquh fid-din dan berorientasi pada indzarul qaum. Cikal bakal IDIA bermula dari Pesantren Tinggi Al-Amien (PTA) yang didirikan secara resmi dengan penandatanganan prasasti pada bulan September 1983 oleh Bapak Munawir Syadzali, MA., Menteri Agama RI saat itu. Pesantren Tinggi ini kemudian berkembang menjadi STIDA, Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah (1986), lalu STAI, Sekolah Tinggi Al-Amien Prenduan (2000) dan akhirnya menjadi Institut Dirosat Islamiiyah Al-Amien (IDIA) melalui SK Dirjen Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama RI, No. Dj.II/144/2002 tertanggal 21 Juni 2002.

Sebagai lembaga pendidikan tinggi yang berada di lingkungan Pondok Pesantren AL-AMIEN PRENDUAN, IDIA memberlakukan sistem pembelajaran terpadu dengan mengintegrasikan sistem perkuliahan akademik seperti yang berlaku di perguruan tinggi modern pada umumnya dengan sistem pendidikan pesantren. Aplikasinya, aktivitas pembelajaran formal perkuliahan dilaksanakan dalam konteks internalisasi dan sosialisasi nilai-nilai keislaman yang terlembaga sepanjang sejarah panjang tradisi pesantren. Sistem integratif ini berlandaskan pada visi dan misi IDIA Prenduan.

Kurikulum[sunting | sunting sumber]

Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien (IDIA) Prenduan Sumenep Madura menyelenggarakan program pendidikan Strata Satu (S-1) dan memberikan gelar S.Sos.I (Fakultas Dakwah), S.Pd.I (Fakultas Tarbiyah), S.F.I dan S.TH (Fakultas Ushuluddin) kepada alumninya.

Kurikulum yang digunakan oleh IDIA adalah kurikulum nasional tahun 1995 untuk IAIN yang kemudian disempurnakan pada tahun 1997 dengan penekanan pada materi-materi tertentu, ditambah kurikulum lokal yang berorientasi pada pencapaian tujuan dan sasaran pendidikan di IDIA Prenduan secara maksimal, prosentase kurikulum nasional dengan kurikulum lokal adalah 60 % berbanding 40 %.

Fakultas dan Jurusan[sunting | sunting sumber]

IDIA Prenduan sekarang memiliki tiga fakultas dengan enam jurusan: Fakultas Dakwah dengan jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) dan jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI), Fakultas Tarbiyah dengan jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) dan jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA), dan Fakultas Ushuluddin dengan jurusan Aqidah Filsafat dan jurusan Tafsir-Hadits.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]