Instalasi (program komputer)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Instalasi, penginstalan, atau pemasangan (Inggris: installation atau setup) program komputer (termasuk kandar perangkat dan pengaya), adalah tindakan menyiapkan program untuk dieksekusi. Pemasangan mengacu pada penyetelan peranti lunak atau peranti keras dengan tujuan agar dapat digunakan pada komputer. Salinan digital dari peranti lunak (program) diperlukan untuk memasangnya. Ada berbagai proses dalam memasang suatu peranti lunak (program). Karena prosesnya beragam untuk setiap program dan setiap komputer, program (termasuk sistem operasi) sering kali dilengkapi dengan pemasangan, yaitu program khusus yang bertanggung jawab untuk melakukan apa pun yang diperlukan untuk instalasi. Instalasi mungkin merupakan bagian dari proses penerapan peranti lunak yang lebih besar.[1]

Instalasi biasanya melibatkan kode (program) yang disalin/dihasilkan dari berkas instalasi ke berkas baru di komputer setempat untuk memudahkan akses oleh sistem operasi, membuat direktori yang diperlukan, mendaftarkan peubah lingkungan, menyediakan program terpisah untuk menghapus instalasi dan lain-lain. Karena kode umumnya disalin/dihasilkan di beberapa lokasi, penghapusan instalasi biasanya melibatkan lebih dari sekadar menghapus folder program. Misalnya, berkas registrasi dan kode sistem lainnya mungkin perlu diubah atau dihapus untuk penghapusan instalasi sepenuhnya.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Valente, Andrea; Marchetti, Emanuela (2022-03-01). "Simplifying Programming for Non-technical Students: A Hermeneutic Approach". KI - Künstliche Intelligenz (dalam bahasa Inggris). 36 (1): 17–33. doi:10.1007/s13218-021-00748-0. ISSN 1610-1987.