Lompat ke isi

Insiden Makkah 1987

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Insiden Makkah 1987 adalah sebuah bentrokan antara jemaah Syiah asal Iran dengan petugas keamanan Arab Saudi di Makkah pada 31 Juli 1981.[1] Sejak 1981, Iran telah terbiasa mengadakan demonstrasi menentang Israel dan Amerika Serikat. Aksi tersebut kemudian dilakukan juga oleh para jemaah haji asal Iran pada tanggal 31 Juli 1987 di Mekkah. Pawai yang disertai semboyan-semboyan khas Iran sebelumnya berjalan lancar, hingga massa aksi berada di ujung jalan kala rute aksi tersebut dijalankan. Sejumlah demonstran meminta massa aksi meneruskan pawai menuju Masjid Besar. Namun, ada beberapa oknum dengan identitas tak jelas yang mulai melempari massa aksi dengan batu bata dan benda lainnya. Akhirnya kerusuhan pecah antara massa aksi melawan aparat keamanan.

Aparat keamanan Arab Saudi dikabarkan menggunakan pentungan dan tongkat listrik untuk menghalau massa, sedangkan jemaah Iran mempersenjatai diri dengan pisau dan kayu. Aparat keamanan juga dilaporkan menembaki massa aksi. Laporan ini dibantah otoritas setempat yang bersikukuh bahwa korban yang jatuh murni dikarenakan perkelahian dan penyerbuan.

Terlepas dari senjata yang dipakai atau informasi simpang siur terkait siapa yang memulai kerusuhan, dampak dari kerusuhan tersebut adalah ada 402 korban tewas. Mereka terdiri dari 275 warga Iran, 85 warga Arab Saudi termasuk dari aparat keamanan, dan 42 jemaah haji dari sejumlah negara. Sementara itu korban luka-luka mencapai 649 orang yang terdiri dari 303 warga Iran, 145 warga Arab Saudi, dan 201 warga negara lain.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]