Injeksi trans-Bumi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Injeksi trans-Bumi atau trans-Earth injection (TEI) adalah sebuah manuver propulsi yang digunakan untuk mengatur pesawat ruang angkasa pada lintasan yang akan intersecsi bumi.

Manuver yang dilakukan oleh mesin roket. Pesawat ruang angkasa biasanya dalam orbit parkir di sekitar Bulan pada saat TEI, dalam hal membakar diberi batas waktu sehingga titik tengahnya adalah berlawanan lokasi bumi pada saat kedatangan. Pesawat antariksa tak berawak juga telah melakukan manuver ini dari Bulan dimulai dengan Luna 16 yang melintasi pendakian langsung dari permukaan bulan pada tahun 1970. Pada tahun 2004, dari luar sistem Bumi-Bulan, misi penyelidikan debu komet Stardust kembali dilakukan setelah mengunjungi Komet TEI Wild 2.

Pada misi Apollo, hal itu dilakukan oleh mesin restartable Service Propulsion System (SPS) pada Modul Service. Sebuah Apollo TEI membakar berlangsung sekitar 203,7 detik, memberikan peningkatan kecepatan posigrade dari 1.076 m / s (3.531 ft / s). Ini pertama kali dilakukan oleh misi Apollo 8 pada 25 Desember 1968.

Referensi[sunting | sunting sumber]