Inisiatif Satu Sabuk Satu Jalan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Peta Asia, menunjukkan inisiatif OBOR
Tiongkok dengan warna merah, para anggota AIIB dengan warna oranye, enam koridor[1] in black
Sabuk Ekonomi Jalur Sutra dan Jalur Sutra Maritim Abad ke-21
Hanzi tradisional: 絲綢之路經濟帶和21世紀海上絲綢之路
Hanzi sederhana: 丝绸之路经济带和21世纪海上丝绸之路
Satu Sabuk, Satu Jalan
Hanzi tradisional: 一帶一路
Hanzi sederhana: 一带一路

Sabuk Ekonomi Jalur Sutra dan Jalur Sutra Maritim Abad ke-21, lebih dikenal sebagai Inisiatif Satu Sabuk dan Satu Jalan (OBOR), Sabuk dan Jalan, dan Inisiatif Sabuk dan Jalan adalah suatu strategi pembangunan yang diusulkan oleh pemimpin tertinggi Tiongkok Xi Jinping yang berfokus pada konektivitas dan kerja sama antara negara-negara Eurasia, terutama Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Sabuk Ekonomi Jalur Sutra (SREB) berbasis daratan dan Jalur Sutra Maritim (MSR) lintas samudra. Strategi tersebut menegaskan tekad Tiongkok untuk mengambil peran lebih besar dalam urusan global dengan sebuah jaringan perdagangan yang berpusat di Tiongkok.[2][3] Inisiatif ini diungkapkan pada September dan Oktober 2013 masing-masing untuk SREB dan MSR. Ini juga dipromosikan oleh Perdana Menteri Li Keqiang selama kunjungan kenegaraan ke Asia dan Eropa dan konsep yang paling sering disebut di People's Daily pada tahun 2016.[4] Dalam bahasa Inggris, inisiatif ini awalnya disebut One Belt and One Road (Satu Sabuk dan Satu Jalan), namun di pertengahan tahun 2016 nama resminya diganti menjadi Belt and Road Initiative (Inisiatif Sabuk dan Jalan) (disebabkan oleh kesalahan penafsiran istilah one (satu).[5] Dalam tiga tahun terakhir, fokusnya adalah terutama pada investasi infrastruktur, material konstruksi, kereta api dan jalan raya, mobil, real estate, jaringan listrik, dan besi dan baja.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ China Britain Business Council: One Belt One Road
  2. ^ "Getting lost in 'One Belt, One Road'" (dalam bahasa Inggris). Hong Kong Economic Journal. 2016-04-12. Diakses tanggal 2016-04-13. 
  3. ^ "What Is One Belt One Road? A Surplus Recycling Mechanism Approach" (dalam bahasa Inggris). Social Science Research Networks. 2017-07-07. Diakses tanggal 2016-07-10. 
  4. ^ 钱钢: 钱钢语象报告:党媒关键词温度测试,2017-02-23,微信公众号“尽知天下事”
  5. ^ "BRI Instead of OBOR – China Edits the English Name of its Most Ambitious International Project". liia.lv. Diakses tanggal August 15, 2017. 
  6. ^ General Office of Leading Group of Advancing the Building of the Belt and Road Initiative (2016). "Belt and Road in Big Data 2016". Beijing: the Commercial Press. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]