Ingrid Mattson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Ingrid Mattson (lahir tahun 1963) adalah aktivis, profesor, dan mualaf Muslim Kanada dan juga mantan presiden Masyarakat Islam Amerika Utara (ISNA).

Dia lahir dan dibesarkan di Kitchener, Ontario, dan belajar filsafat dan seni rupa di Universitas Waterloo, Ontario. Dibesarkan sebagai seorang Katolik, ia akhirnya meninggalkan agama selamanya selama tahun-tahun remajanya,;[1] pada tahun terakhirnya kuliah, ia pergi ke Paris dan berteman dengan beberapa Muslim Senegal, dan dalam satu tahun masuk Islam dan mulai memakai jilbab. Dia awalnya belajar seni, tetapi kemudian mulai menerima representasi non-visual dari individu.[2]

Pada tahun 1987, ia pergi ke Pakistan di mana dia bekerja dengan UNHCR untuk pengungsi Afghanistan selama setahun. Di sana, dia bertemu dan menikah dengan sesama relawan Aamer Atek, seorang insinyur Mesir.[3].

Ia mendapatkan gelar Ph.D. di studi Islam dari Universitas Chicago pada tahun 1999. Dia terus menjadi sangat aktif dalam mendidik Muslim Kanada untuk menjadi partisipan aktif dalam masyarakat Kanada pada umumnya. Dia sekarang Direktur Duncan Black Macdonald Center Pusat Studi Islam dan Hubungan Kristen-Islam dan Profesor Studi Islam dan Hubungan Kristen-Muslim di Seminari Hartford di Hartford, Connecticut. Dia mendirikan program kerohanian Islam di Hartford Seminary, program kerohanian Islam pertama di Amerika Serikat.

Pada tahun 2001 ia terpilih Wakil Presiden ISNA dan pada tahun 2006 ia terpilih sebagai presiden wanita pertama dalam organisasi itu. Dia juga dosen tamu di lembaga seperti US Naval Academy.[4] Dr. Mattson adalah mualaf pertama yang memimpin Masyarakat Islam Amerika Utara (ISNA).

Mattson adalah penasehat untuk film dokumenter pemenang penghargaan, siaran PBS Muhammad: Legacy of a Prophet (2002), yang diproduksi oleh Unity Productions Foundation.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]