Lompat ke isi

Infanta Sofía dari Spanyol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Infanta Sofía dari Spanyol merupakan putri bungsu dari Raja dan Permaisuri Spanyol, Felipe dan Letizia. Ia juga merupakan adik satu-satunya dari Leonor, Putri Asturias dan berada diurutan kedua takhta Kerajaan setelah kakaknya.

Infanta Sofia dari Spanyol
Kelahiran29 April 2007 (umur 17)
Madrid, Spanyol
WangsaBourbon
Nama lengkap
Sofía de Todos los Santos de Borbón y Ortiz
AyahBaginda Sang Raja Felipe VI dari Spanyol
IbuBaginda Sang Permaisuri, Letizia dari Spanyol
AgamaKatolik Roma
Tanda tanganInfanta Sofia dari Spanyol

Kehidupan Awal dan Keluarga

[sunting | sunting sumber]

Infanta Sofía lahir pada 29 April 2007 pukul 16:50 (CET) di Rumah Sakit Internasional Ruber di Madrid melalui operasi caesar, dua hari setelah tanggal perkiraan kelahiran. Seperti kakaknya, kelahirannya diumumkan oleh keluarga kerajaan kepada pers melalui SMS. Diumumkan bahwa sel-sel induk tali pusarnya akan dikirim ke bank swasta di Belgia dan ke bank publik di Spanyol. Orang tua Sofía, yang saat itu adalah Pangeran dan Putri Asturias, melakukan hal yang sama dengan sel-sel Leonor: mereka dibawa ke pusat swasta di Arizona, yang menyebabkan kontroversi di Spanyol.

Sofía dinamai sesuai dengan nama nenek dari pihak ayahnya, Ratu Sofía. Dia dibaptis pada 15 Juli oleh Uskup Agung Madrid, Antonio María Rouco Varela, di taman Palacio de la Zarzuela. Orang tua baptisnya adalah Paloma Rocasolano (nenek dari pihak ibu) dan Konstantin, Pangeran Vidin (Konstantin-Assen dari Bulgaria). Seperti kakaknya, dia diberi satu nama, dengan tambahan nama de Todos los Santos (dari Semua Orang Suci) saat pembaptisannya, sebuah tradisi Bourbon.

Dia menerima Komuni Pertama pada 17 Mei 2017 di paroki Asunción de Nuestra Señora, dan ditemani oleh orang tuanya, kakak perempuannya, kakek-neneknya, buyut dari pihak ibu Menchu Álvarez del Valle, nenek tirinya Ana Togores, dan ayah baptisnya Konstantin-Assen dari Bulgaria, Pangeran Vidin. Pada 23 Mei 2023, dia menerima sakramen penguatan.

Pendidikan

[sunting | sunting sumber]

Seperti kakak perempuannya, pada tahun 2009, Sofía memulai pendidikannya di Escuela Infantil Guardia Real, tempat penitipan anak untuk anak-anak Pengawal Kerajaan Spanyol. Pada 13 September 2010, dia memulai tahun pertama sekolah dasar di Sekolah Santa María de los Rosales di Madrid. Pada Agustus 2023, dia mulai belajar program International Baccalaureate selama 2 tahun di UWC Atlantic College di Vale of Glamorgan, Wales.

Infanta Sofía (kiri), bersama keluarganya dan petinggi lain di Perayaan Hari Nasional Spanyol pada 12 Oktober 2014.

Sebagai Infanta Spanyol, sangat umum melihatnya dalam acara resmi bersama orang tua dan kakaknya, seperti pembukaan Parlemen, parade Hari Nasional, atau upacara Penghargaan Putri Asturias dan Penghargaan Putri Girona. Pada usia 3 tahun, dia menghadiri acara pertamanya, resepsi resmi di Istana Kerajaan dalam rangka kemenangan tim nasional sepak bola Spanyol di Piala Dunia FIFA 2010. Bahkan, pada tahun 2021 Infanta Sofía dan Putri Leonor berpartisipasi dalam kegiatan bersama pertama mereka tanpa orang tua mereka, mewakili kampanye "A Tree for Europe" dari asosiasi pemuda Eropa, Equipo Europa.

Sementara kakaknya belajar di luar negeri, dia menjadi sorotan dengan mendampingi orang tuanya ke berbagai acara, seperti parade Hari Nasional 2021 dan 2022 atau final Copa del Rey 2023.

Pada 16 Juli 2022, dia mendampingi kakaknya Leonor dalam perjalanan internasional pertamanya. Kedua bangsawan ini bepergian sendirian untuk mendukung tim nasional sepak bola wanita Spanyol, yang bermain untuk tempat di perempat final UEFA Women's Euro 2022 melawan Denmark.

Pada akhir Agustus 2023, dia melakukan perjalanan bersama ibunya, Ratu Letizia, ke Australia untuk menyaksikan final Piala Dunia Wanita FIFA 2023 antara Spanyol dan Inggris. Ratu dan Infanta menyerahkan trofi kepada Juara Dunia, Spanyol, dan merayakannya di lapangan. Secara tidak langsung, hal ini menarik kritik terhadap keluarga kerajaan Inggris karena ketidakhadiran mereka dalam acara tersebut.

Pada April 2024, diumumkan oleh Patrimonio Nacional bahwa dia akan menjadi pelindung kontes foto. Kontes fotografi ini bertujuan untuk menampilkan keindahan Spanyol. Dia akan membagikan penghargaan pada akhir 2024. Ini menandai tindakan solo pertamanya untuk mahkota Spanyol dan banyak yang memberikan reaksi positif.

Gelar dan Gaya

[sunting | sunting sumber]

Sejak lahir, Sofía telah menjadi Infanta Spanyol, dengan gelar Yang Mulia. Meskipun memiliki martabat dan status yang sama dengan pangeran, Sofía tidak memegang gelar putri, karena di Spanyol hanya pewaris Takhta yang diizinkan menggunakan gelar tersebut.

Gelar lengkap Sofía adalah: Yang Mulia Infanta Doña Sofia.

Referensi

[sunting | sunting sumber]

Pranala luar

[sunting | sunting sumber]
Infanta Sofía dari Spanyol
Lahir: 29 April 2007
Spanyol
Didahului oleh:
Leonor, Putri Asturias
Garis suksesi takhta Spanyol
posisi ke-2
Diteruskan oleh:
Adipati Wanita Lugo