Ilham Nirwan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Ilham Nirwan
220px
Lahir Muhammad Ilham Nirwan
27 Desember 1974 (umur 42)
Bendera Indonesia Indonesia
Kebangsaan Bendera Indonesia Indonesia
Almamater Institut Teknologi Bandung
Pekerjaan Pengusaha, desainer
Agama Islam
Pasangan Saskia Van Der Heijden

Ilham Nirwan, lengkapnya Muhammad Ilham Nirwan (lahir di -, 27 Desember 1974; umur 42 tahun) adalah seorang pengusaha dan desainer Indonesia. Ia sukses dengan bisnis sepatu handmade yang diproduksi di Indonesia dan dipasarkan di Jerman, sejak tahun 2010.[1]

Riwayat ringkas[sunting | sunting sumber]

Ilham menempuh pendidikan di bidang Desain Produk di Institut Teknologi Bandung (ITB), sebelum melanjutkan sekolahnya ke Jerman. Setelah menamatkan kuliah dan meraih gelar Master (S2) Digital Media di Hochschule Bremerhaven, Jerman, ia pun mencari pekerjaan sebagai desainer mobil, namun ia gagal. Kegagalan itu akhirnya menginspirasinya untuk banting stir menjadi seorang enterpreneur.

Dengan bekal ilmu Desain Produk dari ITB serta kegemarannya terhadap berbagai jenis sepatu, akhirnya Ilham mengambil keputusan untuk berbisnis sepatu. Dengan modal awal Rp. 250 juta ia mulai memproduksi sekitar 820 pasang sepatu yang dikerjakan di Bandung dan Tanggerang. Pada awalnya, Ilham memasarkan hasil produksinya ke Jerman. Dengan merek dagang Rangkayo dan Marapulai, sekarang bisnis sepatunya telah memasuki pasar Brasil, Timur Tengah, serta Afrika, dengan cara online.[2]

Muhammad Ilham Nirwan menikah dengan Saskia Van Der Heijden, seorang perempuan berkebangsaan Jerman.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tisyrin Naufalty T (25 Oktober 2012). "Marapulai: Sepatu Lokal Rambah Pasar Jerman". Bisnis Indonesia. Diakses tanggal 11 Januari 2014. 
  2. ^ Dewi Andriani (27 Agustus 2013). "Kisah Sukses Ilham Nirwan dalam Bisnis Sepatu". Bisnis.com. Diakses tanggal 11 Januari 2014. 
  3. ^ Syukron Ali (19 November 2013). "Kiprah Marapulai di Hamburg". Janna Magazine. Diakses tanggal 11 Januari 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]