Lompat ke isi

Ilahudu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Raja Ilahudu
Olongia Ilahudu Lo Pohala'a Hulontalo
Raja Kerajaan Gorontalo Ke-1
bergelar Ilomata Tuwawu (Era Mahakarya Pertama)
Berkuasa1385–1427
Pendahulu17 Raja Raja Linula (Kerajaan-kerajaan kecil)
PenerusRaja Uloli
Nama takhta
Ilahudu Ta Olongia Lo Hulontalo

Raja Ilahudu adalah Raja pertama Kerajaan Gorontalo sekaligus pemegang gelar Ilomata pertama (gelar adat tertinggi dengan mahakarya yang luar biasa) yang berkuasa antara tahun 1385 hingga 1427.

Ilahudu dikenal sebagai seorang Raja yang arif dan bijaksana hingga dapat merangkul Linula (kerajaan kecil) berjumlah 17 Kerajaan yang kelak dipersatukan menjadi Kerajaan Gorontalo.

Kerajaan Gorontalo inilah yang menjadi cikal bakal Kesultanan Gorontalo yang dikenal saat ini sebagai Kesultanan Islam terbesar di wilayah Teluk Tomini dan Laut Sulawesi.

Kehidupan awal

[sunting | sunting sumber]

Menurut manuskrip sejarah Gorontalo, cikal bakal Kerajaan Gorontalo bermula pertama kali dari sebuah Kerajaan Kecil (Linula) bernama Kerajaan Hulontalangi yang diperkirakan telah berdiri sejak tahun 1300.

Dalam catatan R. Tacco (1956), saat itu Kerajaan Hulontalangi telah dipimpin oleh Raja Humalanggi.[1] Di kemudian hari, Raja Humalanggi memiliki seorang anak bernama Ilahudu yang kemudian merangkul dan mempersatukan 17 Kerajaan kecil di lereng atau kaki gunung.

17 Kerajaan-Kerajaan inilah yang kemudian membentuk Kerajaan Gorontalo yang pengaruhnya menjadi lebih besar dan meluas di beberapa wilayah di Teluk Tomini (Teluk Gorontalo) hingga ke utara di kawasan Laut Sulawesi.

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ Tacco, R., 1935. Het volk van Gorontalo:(historisch, traditioneel, maatschappelijk, cultureel, sociaal, karakteristiek en economisch). Yo Un Ann.
Didahului oleh:
17 Linula (Kerajaan Kecil)
Sultan Gorontalo
138-1427
Diteruskan oleh:
Raja Uloli