Ikatan Sarjana Biblika Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Ikatan Sarjana Biblika Indonesia
Lambang ISBI
Data-data
Tipe Organisasi Keilmuan dan Profesi
Ketua Y.M. Seto Marsunu,M.Th.
Situs resmi biblika.org

Ikatan Sarjana Biblika Indonesia (ISBI) adalah organisasi profesi ilmiah di bidang ilmu teologi, dan secara khusus di bidang biblika di Indonesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah berdirinya ISBI tidak dapat dilepaskan dengan pertemuan nasional pakar-pakar biblika se-Indonesia yang secara rutin diadakan.

Pertemuan Nasional Pakar-pakar Biblika Se-Indonesia[sunting | sunting sumber]

Sejarah lahirnya Ikatan Sarjana Biblika Indonesia tidak dapat dilepaskan dari pertemuan nasional pakar-pakar biblika seindonesia yang diadakan secara berkala yang sudah berjalan selama seperempat abad lebih. Mula-mula pertemuan ini secara berkala diadakan empat tahun sekali, dan sejak tahun 2000 diadakan setiap dua tahun sekali. Berikut ini adalah rangkaian pertemuan nasional pakar-pakar biblika seindonesia:

  1. “Pemberian Kuliah PL & PB kepada Mahasiswa Perguruan Tinggi” pada 16-20 Jan 1978 di Syantikara, Yogyakarta (dengan penyelenggara Fakultas Teologi Wedabhakti dan Universitas Kristen Duta Wacana)
  2. “Structural Reading of Biblical Texts” – dengan Dr. J. Fokkelman pada 13-16 April 1982 di STKat Pradnyawidya, Yogyakarta (dengan penyelenggara Fakultas Teologi Wedabhakti dan Universitas Kristen Duta Wacana)
  3. “Masalah Kenabian dan Relevansinya bagi Masa Kini” pada 17-22 Juni 1984 di PTPM, Yogyakarta (dengan penyelenggara Fakultas Teologi Wedabhakti dan Universitas Kristen Duta Wacana)
  4. “Paham Gereja dalam Perjanjian Baru” pada 13-16 Des 1987 di Syantikara, Yogyakarta (dengan penyelenggara Fakultas Teologi Wedabhakti dan Universitas Kristen Duta Wacana)
  5. “Misi dan Evangelisasi dalam Alkitab” pada 15-18 Juli 1992 di Syantikara, Yogyakarta (dengan penyelenggara Fakultas Teologi Wedabhakti dan Universitas Kristen Duta Wacana)
  6. “Tafsir Naratif” pada 6-9 Agustus 1995 di Syantikara, Yogyakarta (dengan penyelenggara Fakultas Teologi Wedabhakti dan Universitas Kristen Duta Wacana)
  7. “Tafsir Alkitab dalam konteks Asia/Indonesia” pada 2-4 Juli 2000 di Griya Samadhi Vincentius, Prigen-JaTim (dengan penyelenggara Ikatan Sarjana Biblika Jakarta-Jabar - ISBJJ)
  8. “Hermeneutik lokal” pada 24 – 27 Juli 2002 di Wisma Duta Wacana, Kaliurang, Jogyakarta (dengan penyelenggara Fakultas Teologi Wedabhakti dan Universitas Kristen Duta Wacana)
  9. “Perumpamaan-perumpamaan Tuhan Yesus” pada 25-28 Juli 2004 di Wisma Maria Magdalena Postel, Malang (dengan penyelenggara ITA Lawang, SAAT Malang dan STFT Malang)

Dilihat dari sudut isinya, jelaslah bahwa rangkaian pertemuan selama ini diwarnai oleh minat dan kebutuhan dosen di fakultas teologi gerejawi. Selain tema pemberian kuliah itu sendiri, juga pokok-pokok seperti relevansi kenabian, paham gereja, misi & evangelisasi menunjukkan minat itu. Di samping itu, ada dua pokok baru yang menjadi perhatian: pertama, pendekatan literer baru terhadap Alkitab (structural reading, narasi); kedua, penafsiran Alkitab yang kontekstual (2000 dan 2002). Dapat disimpulkan bahwa ada perimbangan antara studi subjek tertentu dan masalah metode atau pendekatan, dengan pergeseran tekanan kepada yang kedua itu. Adapun penyelenggaraannya, tidak kebetulan bahwa enam pertemuan pertama semuanya diadakan di Jogjakarta. Selama itu penyelenggaraan pertemuan diprakarsai oleh pengurus LBI yang berada di FTW Kentungan dalam kerja sama dengan pakar biblika di STT Duta Wacana / UKDW. Baru pada tahun 2000, pertemuan untuk pertama kali diprakarsai oleh Ikatan Sarjana Biblika regional (ISB Jakarta-Jawa Barat). Dalam pertemuan 2000 itu disepakati bahwa ISBI nasional yang sedang dirancang pada setiap dua tahun akan meminta beberapa Sekolah Tinggi / Fakultas Teologi yang berdekatan untuk mempersiapkan dan menjadi tuan rumah simposium nasional berikut. Untuk tahun 2002 hal itu diminta dari rekan-rekan di UKDW dan FTW yang telah berpengalaman, dan pada tahun 2004 dari ITA Lawang, SAAT Malang & STFT Malang.

Ikatan Sarjana Biblika Indonesia[sunting | sunting sumber]

Dalam dekade terakhir rangkaian pertemuan nasional tersebut muncullah gagasan dan harapan akan adanya sebuah organisasi para pakar biblika se-Indonesia. Keinginan untuk mengadakan semacam “masyarakat biblika” untuk pertama kali jelas terungkap dan dinyatakan bersama dalam pertemuan di Yogyakarta 1995.

Setahun kemudian, pernyataan itu ditindaklanjuti dalam sebuah brainstorming antara empat wakil dari STT Proklamasi, STF Driyarkara, LAI, dan LBI (21 Agustus 1996). Sebulan kemudian, brainstorming itu membuahkan pertemuan pendirian Ikatan Sarjana Biblika Jakarta & Jabar (ISB Jkt-Jabar) oleh sembilan wakil dari keempat lembaga tersebut (30 September 1996, di Perpustakaan LBI Kramat). Ikatan itu barulah bersifat regional karena terasa tidak representatif untuk forum nasional.

ISBJJ selain setiap tahun beberapa kali mengadakan pertemuan regional yang biasanya singkat pada tahun 2000 memprakarsai dan mempersiapkan simposium pakar biblika di Prigen, Jatim. Di situ dibuat rancangan pertama sebuah Anggaran Dasar & ART Ikatan Sarjana Biblika yang nasional.

Pada saat Simposium 2002 di Kaliurang-Jogyakarta, ISBI itu secara resmi didirikan dengan memilih pengurus pertama (Ketua, Wakil-ketua, Bendahara, yakni Martin Harun, Robert Setyo, dan Andreas Hauw) untuk waktu dua tahun, dengan tugas mematangkan Anggaran Dasar dan mendaftarkan anggota-anggota. Pengurus terpilih itu meminta Pak Anwar Tjen untuk menjadi sekretaris ISBI.

Draft Anggaran Dasar dan ART dimatangkan dalam rapat pengurus pada tgl 15 November 2003 di Bogor, guna diajukan ke Sidang Pleno ISBI pada kesempatan Simposium 2004, untuk dituntaskan dan disahkan.

Rangkaian Simposium Nasional ISBI[sunting | sunting sumber]

  1. Simposium I: Hermeneutik lokal; 24-27 Juli 2002; di Wisma Duta Wacana, Kaliurang, Jogyakarta; Penyelenggara: UKDW dan FTW
  2. Simposium II: Perumpamaan-perumpamaan Tuhan Yesus; 25-28 Juli 2004; di Wisma Maria Magdalena Postel, Malang; Penyelenggara: ITA Malang, SAAT Malang, STFT Malang
  3. Simposium III: Apokaliptik; 24-27 Juli 2006; di STT Cipanas; Penyelenggara: STT Cipanas & UNPAR Bandung
  4. Simposium IV: Literatur Intertestamental: Kitab-Kitab Non Kanonis; 4-7 Agustus 2008; di Sopo Toba, Ambarita - Samosir; Penyelenggara: STFT Siantar, STT HKBP, STT Abdi Sabda
  5. Simposium V: Perkembangan Tradisi Hikmat dalam Alkitab; 27-29 Juli 2010; di Wisma Samadi – Klender Jakarta; Penyelenggara: STT Jakarta, STT Amanat Agung, STTRII
  6. Simposium VI: Etika Biblika; 26-28 Juli 2012; di Wisma Samadi – Klender Jakarta; Penyelenggara: Badan Pengurus ISBI
  7. Simposium VII: Monoteisme Biblika; 1-4 Juli 2014; di Hotel Quality Manado; Penyelenggara: Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN) Manado & STFT Pineleng

Pengurus ISBI[sunting | sunting sumber]

Periode 2002-2004: Martin Harun, Robert Setio, Anwar Tjen dan Andreas Hauw

Periode 2004-2006: Robert Setio, Hari Kustono dan Andreas Hauw

Periode 2006-2008: Hari Kustono, Armand Barus dan Christian Jonch

Periode 2008-2010: Armand Barus, Paskalis Edwin dan Christian Jonch

Periode 2010-2012: Bertold Pareira, Agus Santoso, Seto Marsunu dan Casthelia Kartika

Periode 2012-2014: Agus Santoso, Seto Marsunu, Yohanes Budhi dan Casthelia Kartika

Periode 2014-2016: Seto Marsunu, Ira D. Manggililo, Vitus Rubianto

Daftar Buku Prosiding[sunting | sunting sumber]

Satu Tuhan, Satu Umat?, Suatu Eklesiologi Ekumenik, Orientasi Baru 2 (1988).

Misi, Suatu Orientasi Baru, Orientasi Baru 6 (1992) 9-144.

Hermeneutik Lokal, Forum Biblika 16 (2004) 1-111.

Apokaliptik: Kumpulan Karangan Simposium Ikatan Sarjana Biblika Indonesia 2006, Y.M. Seto Marsunu (Ed.), Suplemen Forum Biblika, Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia, 2007.

Literatur Intertestamental, Forum Biblika 25 (2010).

Etika Biblika, Forum Biblika 27 (2013).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

(Indonesia) Situs resmi ISBI

(Inggris) Institusi sejenis di luar negeri: SBL

(Inggris) Institusi sejenis di luar negeri: CBA