Ikan terompet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ikan terompet
Aulostomus strigosus
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Subordo:
Superfamili:
Famili:
Aulostomidae

Genus:
Aulostomus

Spesies tipe
Fistularia chinensis
Linnaeus, 1766 [3]
Spesies[2]
Sinonim[4]

Ikan terompet adalah sebutan dari tiga spesies ikan laut demgan tubuh memanjang berbentuk tabung dalam genus tunggal Aulostomus, keluarga Aulostomidae. Ikan terompet adalah salah satu anggota ordo Syngnathiformes bersamaan dengan kuda laut yang berkerabat dekat dengan bentuk tubuh yang mirip.[5][6]

Nama Aulostomus merupakan gabungan dari dua kata Yunani yakni aulos ("seruling") dan stoma ("mulut"), karena spesiesnya tampak memiliki moncong berbentuk tabung yang mirip seperti seruling atau terompet.[5]

Ikan terompet ditemukan di perairan tropis di seluruh dunia, dengan dua spesies di Samudera Atlantik dan satu di perairan Indo-Pasifik. Sebagian dari mereka merupakan penghuni terumbu zona demersal, dimana salah satu spesiesnya tampaknya lebih menyukai substrat berbatu.

Ukurannya relatif besar untuk ukuran ikan karang, panjangnya mencapai hampir 1 m. Tubuhnya memanjang, kaku, dan berbentuk tombak.[7] Sirip punggung dan sirip duburnya berdekatan dengan ekor, tempat duri punggung masing-masing mencapai pertengahan daerah kepala. Tubuh ikan ini tidak fleksibel & ditopang oleh jalinan tulang, mirip dengan sebagian besar anggota ordo Syngnathiformes lain. Ciri khas ikan ini adalah moncongnya yang panjang dan berbentuk tabung, diakhiri dengan rahang yang tidak mencolok. Ikan ini mempunyai kemampuan untuk melebarkan rahangnya dengan cepat menjadi lubang melingkar dan menganga hampir seukuran diameter tubuh saat makan.

Ikan terompet merupakan ikan yang sangat karnivora.[7] Mereka mengintai mangsanya dengan melayang hampir tanpa bergerak beberapa inci di atas substrat, bergerak menuju mangsa yang tidak mencurigainya. Setelah cukup dekat, mereka dengan cepat melesat masuk dan melebarkan rahangnya dengan cepat, membuka mulutnya yang seperti tabung secara berurutan menciptakan daya isap yang kuat, yang menarik mangsa langsung ke dalam mulut. Ikan ini diketahui memberi makan hampir secara eksklusif pada ikan karang kecil yang bergerombol.[8]

Walaupun mereka tidak mempunyai nilai perikanan komersial, ikan ini diketahui terkadang dijumpai dalam perdagangan akuarium. Meski bukan ikan hias akuarium yang populer, terdapat situs web yang menampilkan petunjuk cara memeliharanya di penangkaran.[9]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ WoRMS (2017). Nicolas Bailly, ed. "Aulostomidae Rafinesque, 1815". FishBase. World Register of Marine Species. Diakses tanggal 10 June 2018. 
  2. ^ a b Froese, Rainer and Pauly, Daniel, eds. (2012). Species of Aulostomus di FishBase. Versi October 2012.
  3. ^ Templat:Cof family
  4. ^ Templat:Cof family
  5. ^ a b Froese, Rainer, and Daniel Pauly, eds. (2011). "Aulostomidae" in FishBase. February 2011 version.
  6. ^ "Aulostomidae". Integrated Taxonomic Information System. Diakses tanggal 4 February 2007. 
  7. ^ a b Juanes, F.; Buckel, J.A.; Scharf, F.S. (2002). "12 Feeding Ecology of Piscivorous Fishes". Handbook of fish biology and fisheries (PDF). Blackwell Publishing. ISBN 0-632-05412-3.  Accessed 2009-06-08.
  8. ^ Orr, J.W.; Pietsch, T.W. (1998). Paxton, J.R.; Eschmeyer, W.N., ed. Encyclopedia of Fishes. San Diego: Academic Press. hlm. 170–171. ISBN 0-12-547665-5. 
  9. ^ "Chinese trumpetfish - Aulostomus chinensis". Aquatic Community Tropical Fish. AquaticCommunity.com. 2004. Diakses tanggal 2007-02-04.