Lompat ke isi

Ikan gadis totol-dua

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ikan gadis totol-dua
Pseudanthias bimaculatus Edit nilai pada Wikidata

Male above, female below
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN117016730 Edit nilai pada Wikidata
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoPerciformes
FamiliSerranidae
GenusPseudanthias
SpesiesPseudanthias bimaculatus Edit nilai pada Wikidata
Tata nama
Sinonim taksonAnthias bimaculatus J.L.B. Smith, 1955

Pseudanthias bimaculatus, ikan gadis totol-dua, adalah spesies ikan laut bersirip pari dari subfamili Anthiinae dari famili Serranidae, kerapu, dan bass laut. Ini adalah spesies terumbu Indo-Pasifik .

Penampilan[sunting | sunting sumber]

Mereka adalah ikan gadis berukuran sedang yang mencapai maksimum 5 inci/12 cm saat dewasa. Spesies ini bersifat dimorfik seksual, artinya jantan dan betina memiliki ciri fisik yang berbeda. Pseudanthias bimaculatus jantan umumnya berwarna merah dengan garis merah muda bergerigi di sepanjang tubuhnya. Jantan akan memiliki ekor berwarna merah dengan ujung bening hingga putih. Jantan biasanya memiliki highlight kuning di bagian ekor, sirip dubur, dan area kepala. Jantan juga mempunyai satu atau dua bintik di sirip punggungnya, oleh karena itu nama ilmiahnya 'bimaculatus' yang berarti dua bintik. Betina terutama berwarna merah muda dengan sirip dan ekor kuning. Betina biasanya memiliki garis kuning yang membentang di kepala hingga matanya.

Pola makan[sunting | sunting sumber]

Pseudanthias bimaculatus pada dasarnya adalah karnivora. Makanannya sebagian besar terdiri dari zooplankton dan alga berserabut yang mengambang di alam liar. Di akuarium, beragam makanan udang mysis, udang air asin yang diperkaya vitamin, olahan beku, dan makanan berdaging lainnya untuk pengumpan zooplankton. Pemberian makanan kecil berulang kali sepanjang hari direkomendasikan untuk spesies ini.

Jangkauan[sunting | sunting sumber]

Ia dijumpai di pelbagai terumbu karang di Indo-Pasifik Barat dari Afrika Timur, Maladewa, dan Indonesia. Ini adalah spesies perairan dalam yang biasanya ditemukan di perairan pantai. [2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Smith-Vaniz, W.F.; Borsa, P.; Carpenter, K.E.; Jiddawi, N.; Obota, C.; Yahya, S. (2018). "Pseudanthias bimaculatus". 2018: e.T117016730A117017169. doi:10.2305/IUCN.UK.2018-2.RLTS.T117016730A117017169.en. 
  2. ^ Froese, Rainer and Pauly, Daniel, eds. (2019). "Pseudanthias bimaculatus" di situs FishBase. Versi December 2019.