Ikhthus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Ichthys)

Ikhthus dalam bahasa Yunani berarti Ikan. Adalah simbol pertama dari umat Kristen, sebagai sebuah petunjuk rahasia dari iman mereka kepada Yesus pada masa persekusi.

lambang Ichthus

Ada beberapa teori mengapa ikan dipilih sebagai simbol umat Kristiani:

  • Kata 'ikan' dalam Bahasa Yunani (ΙΧΘΥΣ) digunakan sebagai singkatan untuk kata Iesous KHristos, Theou Uios, Soter yang berarti Yesus Kristus, Putra Allah, Sang Penyelamat. Huruf-huruf pertama frasa ini dalam bahasa Yunaninya adalah IXΘYΣ (ikhthus).
  • ikan tidak akan menjadi simbol Kristiani yang jelas, yang akan dengan mudah dihubung-hubungkan dengan umat Kristiani, pada era ketika umat Kristiani dikejar-kejar, disiksa dan dibunuh.
  • rasul-rasul pertama Yesus berhubungan erat dengan ikan: Yesus memilih beberapa nelayan untuk menjadi murid-murid-Nya dan menyatakan bahwa Ia akan menjadikan mereka "Penjala Manusia".

Dikisahkan bahwa selama era pengejaran dan penyiksaan umat Kristiani di awal berdirinya gereja, seorang pengikut Kristus yang bertemu dengan orang yang baru dikenalnya akan menggambar sebuah lengkungan sederhana di atas tanah. Apabila orang lain tersebut adalah juga seorang Kristiani maka ia akan melengkapi gambar tersebut menjadi seekor ikan dengan menggambar lengkungan kedua. Apabila orang lain tersebut ternyata bukan seorang Kristiani, maka ketidak-jelasan gambar sebuah lengkungan tidak akan menghubungkan orang yang pertama tersebut sebagai seorang pengikut Kristus.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]