I Made Bandem

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Prof. Dr. I Made Bandem (dikenal juga sebagai "Joe Papp dari Bali") adalah seorang penari, artis, penulis, dan pengajar asal Bali.[1]

Bandem belajar tari Bali dari tahun-tahun awalnya, dan memperlihatkan Baris dan tarian lainnya pada usia sepuluh tahun. Menjadi salah satu dari penari-penari Bali pertama yang belajar di Amerika Serikat.Ia adalah Doktor pertama dari Indonesia yang berhasil lulus dari Universitas di Amerika Serikat dalam bidang musik. Ia memperooleh gelar dari University Middeltown Connectiocut,s etelah menemuh studinya dalam jangka waktu 3 tahun (1977-1980). Sebelumnya telah berhasil menmpuh program Master of Art dari University of California Long Anglege, 1968-1972. Bandem mendapatkan gelar masternya dalam tari dari UCLA, dan PhDnya dalam etnomusikologi dari Universitas Wesleyan.

Buku yang telah ditulisnya berjudul : From Laja to Keldo: Balinese Dance in Transition (Dari Utara ke Selatan: Tari Bali dalam Perubahan), setebal 300 halamn yang diterbitkan oleh Oxford Unversity Press, Kuala Lumpur, pada tahun 1980.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.nytimes.com/1990/08/19/arts/theater-the-joe-papp-of-bali-finds-himself-in-a-cultural-pickle.html

2. I Made Bandem raih gelar Doktor dalam Ethnomusikologi, Kompas, 20 Agusttus 1980 (Koleksi Perpustakaan Nasional RI)