IMI Galil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
  1. ALIH Templat:Infobox weapon

Galil adalah keluarga senjata ringan Israel yang dirancang oleh Yisrael Galili dan Yaacov Lior, yang diproduksi oleh Israel Military Industries (sekarang Israel Weapon Industries Ltd). Sistem senjata ini terdiri dari beberapa senapan kaliber 5,56 x 45 mm NATO dengan peluru M193 atau SS109 dan senapan 7,62 x 51 mm NATO.

Rancangan Galil dibuat berdasarkan rancangan RK 62 Finlandia, yang dibuat berdasarkan AK-47 Uni Soviet. Senapan ini memenangkan tender untuk Angkatan Pertahanan Israel dan mulai dipakai secara resmi pada tahun 1972. Galil tersedia dalam berbagai panjang laras, kapasitas magazen, dan peralatan pelengkap: karabin dengan nama SAR (Short Assault Rifle), versi kompak MAR (Micro Assault Rifle), panjang standar AR (Assault Rifle), dan senapan mesin ringan ARM (Assault Rifle and Machine gun).

Varian[sunting | sunting sumber]

AR[sunting | sunting sumber]

AR merupakan senapan versi standar menggunakan handgrip dan pistol grip dari plastik, popor lipat samping yang dipakai pada semua varian kecuali seri senapan runduk.

SAR[sunting | sunting sumber]

SAR adalah versi karabin dari AR dengan panjang laras 322 mm.

ARM[sunting | sunting sumber]

Merupakan versi senapan mesin ringan yang biasanya dilengkapi dengan handle jinjing di bagian atas receiver senapan, menggunakan bipod lipat dan handguard besar terbuat dari kayu. Handguard kayu ini menjadikan senapan tetap 'dingin' walaupun digunakan untuk menembak senapan secara terus menerus.

MAR[sunting | sunting sumber]

MAR merupakan varian terbaru dari keluarga senapan ini yang berjuluk karabin ringkas MAR atau Mikro Galil yang merupakan versi pendek dari SAR, senapan ini masih mempertahankan fitur dari versi-versi sebelumnya tetapi dengan penggantian total pada sektor rangka, sistem mekanisme dan laras yang lebih pendek. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 di Polandia pada ajang "Pameran Industri Pertahanan Internasional kedua" (2nd International Defence Industry Exhibition). Senapan ini diperuntukan bagi pasukan khusus tentara dan polisi, kru kendaraan militer, staff, pasukan khusus dan pasukan penerbang.


Varian 7,62 mm[sunting | sunting sumber]

Djiboutian National Police officers training with the 7.62mm Galil AR.
A Nepalese peacekeeper with the 7.62mm Galil SAR.

Varian lain[sunting | sunting sumber]

Varian lain adalah :

Pranala luar[sunting | sunting sumber]