IBM DB2 Express-C

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
IBM DB2 Express-C
IBM logo.svg
Pengembang IBM
Rilis perdana 2006 (2006)
Rilis stabil DB2 Express-C (10.1) (30 April 2012; 22 bulan yang lalu (2012-04-30))
Status pengembangan Active
Bahasa pemograman C, C++
Sistem operasi Cross-platform
Ketersediaan bahasa English
Jenis RDBMS
Lisensi Proprietary EULA
Situs web resmi DB2 Express-C homepage at ibm.com

IBM DB2 Express-C merupakan edisi perangkat lunak sistem manajemen basis data keluarga IBM DB2 yang dapat diunduh, digunakan, serta diredistribusikan secara gratis. Versi gratis ini menawarkan baik fitur manajemen basis data relasional serta basisdata berbasis XML.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Edisi DB2 Express-C pertama kali dibuat untuk rilis IBM DB2 versi 8.2. Kemudian disertai pula pada rilis-rilis berikutnya seperti versi 9.1 (Viper), 9.5 (Viper 2), serta 9.7 (Cobra). Implementasi atas fitur XML murni (bahasa Inggris: pureXML) diperkenalkan pada versi beta dari DB2 9.x.

Dukungan Platform[sunting | sunting sumber]

IBM DB2 Express-C mendukung baik 32 bit dan 64 bit x86 pada sistem operasi Windows XP, Vista, dan Windows 7. Namun pada Windows 7 masih terdapat beberapa masalah internal yang belum dapat diselesaikan. Versi linux dapat pula digunakan pada modus 32bit dan 64 bit Intel/AMD, serta prosesor IBM-POWER 64bit. Sistem operasi Solaris serta Mac OS X juga didukung namun hanya pada modus operasi x64 AMD/Intel saja. Daftar distro sistem operasi linux melingkupi Ubuntu 8.04 LTS, RHEL 5, SLES 10 dan 11. DB2 Express juga dilaporkan dapat berjalan pada distro-distro lain. Rilis dari DB2 Express-C versi distribusi .deb juga dilaporkan berjalan pada distro Debian.

Keterbatasan[sunting | sunting sumber]

Tidak seperti halnya edisi "express" (gratis) yang ditawarkan oleh kompetitor lain seperti Oracle, ataupun Microsoft, IBM tidak membatasi jumlah serta ukuran data yang disimpan pada basisdata, demikian pula halnya dengan jumlah pengguna yang terkoneksi. IBM juga menyediakan baik versi 32bit maupun 64bit meskipun pada beberapa platform tertentu hanya tersedia versi 64bit saja. Koneksi dapat dilakukan melalui protokol TCP/IP V4 dan V6 atau named pipe.

Keterbatasan yang ada pada versi gratis IBM DB2 Express-C adalah pada penggunaan memori yang dibatasi maksimum hingga 4GB (mulai versi 10, sebelumnya dibatasi 2GB), serta hanya dapat memanfaatkan CPU maksimum hingga 2 CPU. Namun demikan keterbatasan ini tidak berarti DB2 Express C hanya dapat dijalankan pada mesin-mesin tua, perangkat lunak ini dapat diinstalasi dan dijalankan pada mesin terbaru sekalipun, namun dengan keterbatasan seperti yang disebutkan di atas. Hanya saja umumnya, hal ini tidak menimbulkan masalah yang berarti karena keterbatasan tersebut hanya berlaku di sisi perangkat lunak basisdata, dalam arti ketersediaan sumber daya lainnya yang tersisa dapat dimanfaatkan oleh aplikasi lain, misalnya aplikasi server berbasis java misalnya: Sun Java System Application Server.

Fitur-fitur yang terdapat pada versi Express-C hampir sama seperti pada edisi edisi DB2 Express (produk berbayar) hanya dengan batasan jumlah CPU serta memori yang lebih kecil. Lisensi yang diimplementasikan pada DB2 membatasi penggunaan perangkat lunak ini pada lingkungan yang membutuhkan ketersediaan tinggi (bahasa Inggris: high availability environments). IBM juga tidak menawarkan perbaikan/fixpack atas versi lama dari DB2 Express C untuk diunduh secara gratis, namun perangkat lunak ini dapat terus digunakan ataupun diinstalasi jika pengguna masih memilikinya.

Pembaruan[sunting | sunting sumber]

Edisi DB2 Express C merupakan edisi database DB2 yang dirilis oleh IBM tanpa dukungan support serta tanpa dukungan hotfix/fixpack yang umumnya terdapat pada edisi berbayar. IBM tidak pula merilis hotfix ataupun fixpack tersebut, namun IBM secara berkala merilis versi instalasi yang terbaru serta menggantikan yang sebelumnya. Pada platform non-windows, umumnya harus dilakukan reinstalasi jika menginginkan pembaruan atas perangkat lunak terpasang, sementara pada edisi Windows, perangkat lunak tersebut mendukung fitur update tanpa perlu melakukan reinstalasi. Jika pengguna membutuhkan akses pada fixpack/hotfix yang biasanya dirilis oleh IBM beberapa kali dalam setahun, pengguna harus memilih untuk menggunakan edisi DB2 Express yang berbayar ataupun edisi yang lebih tinggi.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "About IBM DB2 Express-C". IBM. April 2009. Diakses 2009-04-07. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]