Hutan pinus tropis Sumatra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Hutan pinus tropis Sumatra adalah hutan konifer tropis yang berada di pulau Sumatra, Indonesia.

Lokasi dan deskripsi[sunting | sunting sumber]

Hutan pinus ini ditemukan di lereng yang lebih tinggi di Sumatra, terutama di wilayah utara pulau, dekat Danau Toba dan di sepanjang Bukit Barisan, termasuk Gunung Leuser. Dengan curah hujan 2500 mm per tahun, hutan pinus ini memiliki iklim hutan hujan tropis tetapi lebih kering daripada daerah hutan hujan lebat di lereng, terutama pada sisi timur pegunungan yang jauh lebih kering.[1]

Flora[sunting | sunting sumber]

Kawasan ekologi ini adalah salah satu daerah hutan pinus yang langka di daerah tropis dengan spesies dominan Pinus Sumatra (Pinus merkusii), yang tumbuh di daerah-daerah di mana hutan hujan telah diganggu sepanjang sejarah oleh berbagai peristiwa, termasuk tanah longsor, kebakaran hutan, serta pembabatan manusia.

Fauna[sunting | sunting sumber]

Ada lebih sedikit satwa liar di sini daripada di hutan hujan, yang meliputi sebagian besar pulau Sumatera. Mamalia endemik juga tidak ditemukan disini, tetapi masih ada sejumlah spesies hampir endemik termasuk beberapa jenis burung seperti robin Sunda.

Ancaman dan pelestarian[sunting | sunting sumber]

Hutan pinus di daerah yang lebih tinggi kurang rentan terhadap pembukaan hutan dibandingkan dengan hutan hujan kayu keras yang berharga di bagian bawah. Lebih dari sepertiga area hutan konifer di Sumatra berada di dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat dan taman nasional lainnya.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sumatran tropical pine forests". Terrestrial Ecoregions. World Wildlife Fund. 

Wikramanayake, Eric; Eric Dinerstein; Colby Loucks; et al. (2002). Terrestrial Ecoregions of the Indo-Pacific: a Conservation Assessment. Island Press; Washington, DC.