Hutan Pinus Buaran “Bukit Ares " Kabupaten Banjarnegara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Hutan Pinus Bukit Ares Pawinian ( Buaran) merupakan hutan pinus milik Perhutani, Objek wisata di wilayah kerja Perhutani yang terletak di anak Petak 42d2 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Siweru, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Karangkobar, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Timur yang secara administrasi masuk wilayah pemerintahan Desa Pekandangan, bagian utara wilayah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah[1] dan membawa berkah bagi penggiat wisata lokal. Potensi alam semakin banyak diminati wisatawan nusantara, dengan keunggulan dalam suasana alam dengan udara segar, pemandangan indah dan juga spot-spot bagus untuk berfoto. Wisatawan bisa melakukan berbagai kegiatan baik kemah pribadi, kelompok, Acara Jambore, outbound, atau juga kunjungan wisata.

Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah memberikan dukungannya dengan menerbitkan Perda Jateng Nomer 2 tahun 2019 tentang Pemberdayaan Desa Wisata di Jawa Tengah serta Pergub Jateng Nomer 53 tahun 2019 tentang petunjuk pelaksanaan perda tersebut.

Melihat regulasi tersebut Endar Agus Triono seorang penggiat wisata asal Pekandangan Kecamatan  Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara mengembangkan potensi alam memulai untuk proses pengajuan desa wisata.[2]Endar juga Ketua Pokdarwis Pawinihan Lestari kembangkan Wisata Hutan Pinus Buaran atau Bukit Ares Pawinihan seluas 4 hektare ini menjadi tempat wisata produktif.

Dalam pengelolaan dan pengembangan Objek Wisata Alam Pabuaran, Pokdarwis melibatkan masyarakat,  Pemerintah Desa dan Karang Taruna "Perisai Muda". Dengan adanya keikutsertaan dan keterlibatan  semua pihak diharapkan mampu menjalin soliditas dan menumbuhkan gotong royong untuk mengembangkan potensi dan kemajuan Desa.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Lokasi Wisata Alam ini berada di Jl. Kalibening - Gripit, Kalidulong, Pekandangan, Kec. Banjarmangu, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah. Jika dari pusat kota Banjarnegara hanya berjarak 17 KM saja ke arah utara, dari arah pekalongan, punggelan, wanadadi.[3]

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Seperti dibangun pendapa untuk ruang pertemuan (meeting room) dengan daya tampung 50 orang lebih, taman bunga atau taman selfy, out bond, arena bermain anak dan bumi perkemahan.[4]

Daftar Pustaka[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Bupati Banjarnegara Minta Perhutani Terus Bersinergi dengan Masyarakat". Perhutani. 2021. Diakses tanggal 26-11-2023. 
  2. ^ "Destinasi Baru, Wisata Alam Hutan Pinus Buaran Bukit Ares Pawinihan". Suluh Media Online. 5 -11- 2020. Diakses tanggal 26-11-2023. 
  3. ^ "BUARAN (Bukit Ares Pawinihan)". bkppkutim. Diakses tanggal 26-11-2023. 
  4. ^ Hamidi, Muchlas (27-09-2020). "Wisata Alam Hutan Pinus Buaran Bukit Ares Pewinihan Banjarnegara, Cocok untuk Akhir Pekan". Times Indonesia. Diakses tanggal 26 -11-2023.