Huruf komputer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Huruf Garamond

Fon komputer atau fon (Bahasa Inggris: computer font atau lebih dikenal font) merupakan berkas data elektronik yang berisi serangkaian ikon, karakter, ataupun simbol. Meski pada awalnya fon merujuk pada suatu bentuk dan ukuran yang tetap, sejak tahun 1990-an, terminologi fon umumnya lebih merujuk pada bentuk-bentuk huruf ataupun ikon yang bersifat dinamis yang bisa diperbesar atau diperkecil ukurannya pada saat pencetakan.

Ada tiga jenis dasar dari format data berkas huruf komputer:

  • Fon bitmap terdiri dari matriks titik atau piksel yang menggambarkan setiap bentuk huruf dalam setiap jenis huruf dan ukuran.
  • Fon outline (disebut juga fon vektor) menggunakan kurva Bézier, instruksi menggambar, dan rumus matematika untuk menggambarkan setiap bentuk huruf, yang menyebabkan garis luar huruf dapat diperbesar dalam segala ukuran.
  • Fon stroke menggunakan rangkaian garis tertentu dan informasi tambahan untuk menggambarkan profile, atau ukuran dan bentuk pada jenis huruf tertentu, yang bersama-sama menggambarkan tampilan bentuk huruf.

fon bitmap umumnya lebih cepat dalam proses penampilan dan lebih mudah digunakan dalam pemrograman, namun fon bitmap memiliki kelemahan terkait dengan ukurannya yang bersifat tetap, sulit untuk diperbesar atau pun diperkecil tanpa merusak bentuk aslinya. Sementara fon outline dan fon stroke lebih dinamis dalam hal ini, namun kedua jenis fon ini relatif lebih sulit untuk ditampilkan, dan membutuhkan kode pemrograman yang lebih kompleks untuk dapat menampilkannya. Meskipun ketiga jenis fon tersebut masih banyak digunakan hingga saat ini, fon outline merupakan jenis fon yang paling umum dijumpai.