Badai Pasifik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Hurikan Pasifik)
Jejak semua siklon tropis pada Musim badai Pasifik 1951.

Badai Pasifik atau Hurikan Pasifik adalah badai yang berlangsung di Samudra Pasifik utara timur hingga Pasifik utara tengah yang berlangsung dari 15 Mei hingga 30 November di timur 140° W hingga 140° W - 180°.[1] Badai Pasifik umumnya lebih kuat dari badai di Atlantik dan terbentuk di atas perairan hangat. Hurikan seperti mesin yang membutuhkan udara lembab dan hangat sebagai bahan bakar.[2] Hal ini dapat menyebabkan perbedaan tekanan udara. Ini terjadi ketika udara hangat naik, dan menyebabkan area bertekanan udara lebih rendah di bawahnya.[3][4] Hurikan memakan energi air hangat, menjadikan Pasifik tempat berkembang biak yang kuat bagi mereka.[5]

Sistem[sunting | sunting sumber]

Hurikan merupakan sebagian dari badai alam yang terbesar dan paling ganas. Karena badai Pasifik sebagian tergolong hurikan, ia memiliki kecepatan angin mencapai 74 mph (119 km/jam) atau lebih - atau topan jika di Pasifik Utara, dan siklon jika di Pasifik Selatan.[6] Siklon tropis tidak dapat terbentuk di Pasifik tenggara karena suhu permukaan laut yang lebih dingin dan pergeseran angin vertikal yang lebih tinggi.[7] Jumlah dan kekuatan hurikan sangat bervariasi dari tahun ke tahun, sehingga sulit untuk tren frekuensi atau intensitas badai dari waktu ke waktu. Samudra Pasifik telah menjadi tempat dengan jumlah badai terbesar di dunia.[8] Di pasifik barat, badai tropis berasal dari peristiwa konveksi yang terorganisir secara longgar di palung muson, yang merupakan area tekanan rendah berskala besar yang terletak di sepanjang khatulistiwa.[9] Selain itu, badai di Pasifik juga menjadi tempat bagi badai terkuat dan terbesar. Pasifik barat laut adalah tempat berkembang biak paling terkenal di Bumi untuk siklon tropis yang kuat. Bentangan luas perairan yang sangat hangat di kawasan ini menghasilkan lebih dari setengah dari semua badai kategori lima di planet ini.[10]

Klimatologi[sunting | sunting sumber]

Iklim Pasifik tunduk pada tekanan besar seperti perubahan iklim, El Nino, atau La Nina.[5] Ada beberapa bukti bahwa di bagian barat Samudra Pasifik bagian utara, hurikan meningkat karena perubahan iklim sebagai dampak dari pemanasan global.[8]

Contoh[sunting | sunting sumber]

  • Topan Haiyan - salah satu topan terbesar dan terkuat yang tercatat. Anginnya bisa mencapai 195 mil per jam dan lebih kuat dari badai Katrina yang pernah menimpa Amerika Serikat.[11]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Center, National Hurricane. "National Hurricane Center". www.nhc.noaa.gov (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-12-25. 
  2. ^ "How Does a Hurricane Form? | NOAA SciJinks – All About Weather". scijinks.gov. Diakses tanggal 2020-12-25. 
  3. ^ Cappucci, Matthew. "While the Atlantic has raged with storminess, the Pacific has been strangely quiet". Washington Post (dalam bahasa Inggris). ISSN 0190-8286. Diakses tanggal 2020-12-25. 
  4. ^ "How Do Hurricanes Form? | NASA Space Place – NASA Science for Kids". spaceplace.nasa.gov. Diakses tanggal 2020-12-25. 
  5. ^ a b Gibbens, Sarah (4 March 2019). "The Pacific Ocean—facts and information - National Geographic". www.nationalgeographic.com. Diakses tanggal 2020-12-25. 
  6. ^ "Hurricanes, typhoons, and cyclones: Earth's tropical windstorms | Live Science". www.livescience.com. Diakses tanggal 2020-12-25. 
  7. ^ "About Tropical Cyclones". bagong.pagasa.dost.gov.ph. Diakses tanggal 2020-12-25. 
  8. ^ a b "Hurricanes and Climate Change | Union of Concerned Scientists". www.ucsusa.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-12-25. 
  9. ^ "Tropical storm". Encyclopedia Britannica (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-12-25. 
  10. ^ Masters, Jeff. "Earth May Have Just Seen Its 8th Strongest Tropical Cyclone on Record". Scientific American Blog Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-12-25. 
  11. ^ "How Big Was Typhoon Haiyan? | NOAA SciJinks – All About Weather". scijinks.gov. Diakses tanggal 2020-12-25. 

Templat:Siklon