Hukum Beckstrom

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dalam ilmu ekonomi, hukum Beckstrom adalah model atau teorema yang dirumuskan Rod Beckstrom. Hukum ini dimaksudkan untuk menjawab "pertanyaan yang sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu mengenai 'seberapa berharganya suatu jaringan'", dan secara singkat menyatakan "Nilai suatu jaringan sama dengan nilai bersih yang ditambahkan pada setiap transaksi pengguna yang dilakukan melalui jaringan tersebut, yang dijumlahkan dari semua pengguna."

Penggunaan hukum[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan penemunya, hukum ini bisa dipakai untuk menilai jaringan apa saja, baik itu jaringan sosial, jaringan komputer, kelompok pendukung, dan bahkan keseluruhan dari Internet.[1] Model baru ini menilai jaringan dengan cara melihat dari sisi jaringan pada semua transaksi yang dilakukan dan nilai yang ditambahkan pada setiap transaksinya.

Model ini menyatakan bahwa salah satu cara untuk mempertimbangkan nilai yang diberikan oleh jaringan pada setiap transaksi adalah dengan membayangkan jika jaringan dimatikan dan berapa biaya atau kerugian yang ditimbulkan oleh transaksi tambahan tersebut. Dengan demikian, hal ini dapat dibandingkan dengan nilai jasa pengiriman piza yang ditawarkan kepada pelanggannya. Apabila jasa pengiriman piza ditutup, maka nilai sosial yang dihasilkan dari pengantaran tersebut akan menurun, dan orang-orang akan kelaparan atau mencari tempat lain. Demikian pula, potluck memperoleh nilai kenikmatan totalnya dari nilai bersih yang dihasilkan setiap hidangan peserta. Keberhasilan acara seperti ini bergantung pada bertambahnya jumlah tamu yang mandiri dan pot mereka, sehingga memaksimalkan "keberuntungan" yang dimiliki setiap tamu untuk mendapatkan makanan yang memuaskan. Dengan asumsi satu pot per orang, potluck dengan jumlah tamu maksimal yang ditentukan hanya akan menghasilkan jumlah yang relatif kecil dari total kepuasan kelompok.

Hukum Beckstrom berbeda dengan hukum Metcalfe, hukum Reed dan konsep lain yang mengusulkan bahwa nilai sebuah jaringan didasarkan murni pada ukuran jaringan, dan pada hukum Metcalfe, satu variabel lain.

Menurut Rod Beckstrom, peningkatan yang paling signifikan jika menggunakan Hukum Beckstrom ketimbang Hukum Metcalfe, adalah penerapannya pada pengalaman terkini di Internet. Hukum Metcalfe tidak memperhitungkan penurunan kualitas layanan karena tingginya jumlah pengguna atau pelaku kejahatan yang "mencuri nilai" dari jaringan.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Economics Of Networks - Rod Beckstrom, National Cybersecurity Center, Department of Homeland Security". SlideShare (dalam bahasa Inggris). 2009-02-03. Diakses tanggal 2024-02-02. 
  2. ^ "Taking on Security with Beckstrom's Law". MIT Technology Review (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-02-02. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]