Hugues I dari Ponthieu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Hugues I (skt. 970 – skt. 1000), merupakan putra Hildouin III de Ponthieu dan Hersende la Pieuse de Ramerupt, Comtesse Arcis. Ia juga dikenal sebagai Hugo Miles. Kakeknya dari pihak ayahandanya adalah Guillaume de Ponthieu.

Ia ditunjuk oleh Hugues Capet, adipati Prancis (belum menjadi raja pada saat itu), untuk menjadi "advokat di Biara Saint-Riquier dan penjaga istana Abbeville". Ia juga menikahi putri Hugues Capet, Gisèle dari Prancis.

Tidak banyak yang diketahui mengenai asal usul Hugues, tanggal ia menerima perdikannya hanya tercatat "dipastikan dalam batas yang luas" seperti pada sekitar tahun 980. Ia tidak diketahui pernah menyebut dirinya Comte Ponthieu.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Ia menikah pada sekitar tahun 994 dengan Gisèle Capet, putri Hugues Capet dan Adélaïde dari Aquitaine. Putranya, Enguerrand I dari Ponthieu adalah yang pertama mengambil gelar comital setelah membunuh Arnould II dari Boulogne di medan pertempuran, suatu hari pada tahun 1024 dan 1027, dan menikahi jandanya. Dengan demikian, para Comte Ponthieu, yang menonjol pada awal sejarah Norman, bahkan memperbaharui status mereka sebagai tuan tanah daripada bangsa Norman. Guy dari Ponthieu adalah juga putranya: Guy de Ponthieu, keturunan Guyonne d'Abbeville.

Sumber[sunting | sunting sumber]

The Carmen de Hastingae Proelio of Bishop Guy of Amiens, edited by Catherine Morton and Hope Muntz, Oxford at the Clarendon Press, 1972.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
none
Comte Ponthieu
? – skt. 1000
Diteruskan oleh:
Enguerrand I