Hudud al-'Alam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Ḥudūd al-ʿĀlam (Arab: حدود العالم‎ "Perbatasan Dunia" atau "Batas Dunia") adalah sebuah buku geografi abad ke-10 yang ditulis dalam bahasa Persia oleh seorang penulis yang tidak dikenal dari Jowzjan.[1] Judul lengkapnya adalah حدود العالم من المشرق الی المغرب (Ḥudūd al-ʿĀlam min al-Mashriq ilá l-Maghrib, "Perbatasan Dunia dari Timur ke Barat").

Dalam bahasa Inggris, judul buku ini juga diterjemahkan sebagai "Daerah Dunia" setelah terjemahan Vladimir Minorsky tahun 1937, dimana dia berkomentar terhadap judul tersebut sebagai berikut : "Kata ḥudūd (tepatnya "batas") dalam kasus kami jelas mengacu kepada "daerah dalam batas-batas tertentu" dimana di dalamnya dunia dibagi dalam H.-Â., sang penulis menunjukkan dengan perhatian khusus perbatasan masing-masing daerah tersebut, vi, p . 30. {sebagiamana saya menggunakan kata "daerah" sebagian besar untuk nāḥiyat, akan lebih baik, mungkin, untuk menerjemahkan Ḥudūd al-Ālam menjadi "Daerah terbatas dari Dunia")".[2]

Isi[sunting | sunting sumber]

Selesai pada tahun 982 M, buku ini didedikasikan kepada Abu'l Haret Muhammad, penguasa Farighunids. Penulisnya tidak diketahui, tetapi Vladimir Minorsky telah menduga bahwa buku tersebut mungkin telah ditulis oleh sang misterius Šaʿyā bin Farīghūn, penulis ensiklopedia ilmu pengetahuan perintis, Jawāmeʿ al-ʿUlum, untuk seorang [[Emir|amir] ] dari Čaghāniān di bagain atas Amu Darya pada pertengahan abad ke-10.[3] Isi yang terdapat dalam Ḥudūd al-ʿĀlam merupakan bagian dari naskah yang lebih besar yang berisi karya-karya lain seperti :

  1. Sebuah naskah Jahān-Nāma ("Buku Dunia") oleh Muḥammad ibn Najīb Bakrān
  2. Sebuah kutipan pendek mengenai musik
  3. Ḥudūd al-ʿĀlam
  4. Jāmiʿ al-ʿUlūm ("Bunga Rampai Ilmu Pengetahuan") oleh Fakhr al-Din al-Razi;

Ḥudūd al-ʿĀlam berisi informasi tentang dunia yang dikenal. Laporan penulis anonim tentang negara yang berbeda (nāḥiyat), orang, bahasa, pakaian, makanan, agama, produk lokal, kota kecil dan besar, sungai, laut, danau, pulau, padang rumput, padang pasir, topografi, politik, dan dinasti , serta perdagangan. Dunia yang berpenghuni terbagi di Asia, Eropa dan "Libya" (yaitu Maghreb). Penulis menghitung total ada 45 negara yang berbeda di utara khatulistiwa.

Sang penulis belum pernah mengunjungi negara-negara tersebut secara pribadi, melainkan menyusun bukunya dari karya dan cerita sebelumnya. Penulis tidak menunjukkan sumber-sumbernya, namun peneliti menyimpulkan beberapa, sebagai contoh Estakhri Buku mengenai Jalan dan Provinsi (Arab: كتاب المسالك والممالك‎),[4] atau karya dari Abu Abdallah al-Jayhani dan Ibnu Khurdādhbih.

Penemuan kembali dan terjemahan[sunting | sunting sumber]

Ilmuwan Rusia orientalis, Alexander Tumansky menemukan sebuah naskah dengan salinan teksnya pada tahun 1892 di Bukhara. Salinan dari aslinya dibuat oleh penulis sejarah Persia Abu l-Mu'ayyad ʿAbd al-Qayyūm ibn al-Ḥusain ibn 'Alī al-Farīsī pada tahun 1258.[1] Edisi faksimili dengan kata pengantar dan indeks diterbitkan oleh Vasily Bartold pada tahun 1930; sebuah terjemahan bahasa Inggris dengan komentar menyeluruh dibuat oleh Vladmir Minorsky pada tahun 1937, dan sebuah naskah Persia cetak oleh Manouchehr Sotudeh pada tahun 1961.

Literatur[sunting | sunting sumber]

  • V. Minorsky (Hrsg.): Hudud al-Alam. The regions of the world: a Persian geography, 372 A.H. / 982 A.D., translated and explained by V. Minorsky ; with the preface by V. V. Barthold, London 1937
  • C. E. Bosworth in: Encyclopaedia of Islam. New Edition, s.v. ḤUDŪD AL-ʿĀLAM

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b C. E. Bosworth in: Encyclopaedia of Islam. New Edition, s.v. ḤUDŪD AL-ʿĀLAM
  2. ^ [1]
  3. ^ "ḤODUD AL-ʿĀLAM". Encyclopædia Iranica. Diakses tanggal 2016-11-11. 
  4. ^ Fr. Taeschner in Encyclopaedia of Islam. New Edition, s.v. Djughrāfīya

Pranala luar[sunting | sunting sumber]