How to Be a Good Wife

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
How to Be a Good Wife
Nama lain
PrancisLa bonne épouse
SutradaraMartin Provost
Produser
  • François Kraus
  • Denis Pineau-Valencienne
Ditulis oleh
  • Martin Provost
  • Séverine Werba
Pemeran
Penata musikGrégoire Hetzel
SinematograferGuillaume Schiffman
PenyuntingAlbertine Lastera
Perusahaan
produksi
Les Films du Kiosque
DistributorMemento Films Distribution
Tanggal rilis
  • 11 Maret 2020 (2020-03-11)
Durasi108 menit
NegaraPrancis
BahasaPrancis
Pendapatan
kotor
$5.9 juta [1]

How to Be a Good Wife (bahasa Prancis: La bonne épouse) adalah film drama komedi Prancis yang disutradarai oleh Martin Provost.[2] Film ini dimulai pada tahun 1967 di Alsace, Prancis di sebuah sekolah yang dibuat untuk tata graha yang baik, dan dibintangi Juliette Binoche sebagai Paulette Van der Beck, seorang ibu rumah tangga yang tiba-tiba harus mengambil alih kepemimpinan sekolah setelah kematian dari suaminya.[3][4]

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Berlatar belakang sejarah kerusuhan mahasiswa 1968 di Paris, plot terletak di Sekolah Tata Rumah dan Tata Tertib Van der Beck di Alsace, di salah satu dari banyak sekolah yang diperuntukkan bagi wanita muda di Prancis. waktu itu, untuk mengajari mereka tata graha, sopan santun, dan, secara umum, bagaimana menjadi istri yang baik bagi seorang pria. Pada awal tahun ajaran, pada akhir tahun 1967, Paulette, kepala sekolah dan staf sekolah lainnya, termasuk suaminya Robert, saudara perempuan Robert Gilberte dan guru biarawati sekolah Marie-Therese memeriksa para wanita yang datang ke sekolah mereka tahun itu, dan mereka memperhatikan bahwa salah satu wanita yang akan mereka ajar tahun itu berambut merah, dan mereka bertanya-tanya apakah itu berarti tahun itu akan membawa sial. Di salah satu makan malam, disajikan hidangan kelinci yang dimasak sebelumnya hari itu oleh para gadis. Robert tersedak tulang kelinci dan mati.

Setelah Robert, yang bertanggung jawab atas keuangan sekolah, meninggal, istrinya Paulette dan staf memeriksa barang-barang miliknya. Di antaranya, mereka menemukan surat-surat yang menunjukkan bahwa tempat itu di ambang kebangkrutan. Paulette dan Gilberte pergi untuk berbicara dengan manajer bank untuk meminta pinjaman untuk menyelamatkan sekolah. Manajer bank, André Grunvald, memberi tahu mereka bahwa Robert sudah meminjam terlalu banyak; Namun, dia menyarankan Paulette untuk mentransfer sekolah atas namanya, dan mendapatkan pinjaman lain. Setelah pertemuan, Gilberte meninggalkan pertemuan, dan Paulette mencoba untuk pergi juga, ketika Grunvald meraih tangannya, dan meminta untuk bertemu dengannya. Paulette menolak dan meninggalkan ruangan. Kemudian, ketika dia kembali ke sekolah, Paulette menerima panggilan telepon dari Grunvald, yang mengatakan kepadanya untuk menemuinya dalam 15 menit.

Paulette menyelinap keluar dari sekolah dan bertemu Grunvald. Rupanya, mereka adalah sepasang kekasih sebelum Grunvald pergi berperang. Setelah perang, ibu Paulette meninggal karena sakit hati setelah mendengar bahwa suaminya, ayah Paulette, dikirim ke kamp dan meninggal di sana. Paulette meninggalkan rumahnya setelah perang dan mencari pekerjaan di Van der Beck's School of Housekeeping and Good Manners, jadi surat-surat Grunvald tidak pernah sampai padanya. Di sekolah manajer, Robert, jatuh cinta padanya dan mereka menikah. Sementara itu, Grunvald memiliki dua anak tetapi istrinya telah meninggal. Dia meminta Paulette untuk kembali bersamanya lagi. Paulette belum memutuskan. Kembali di sekolah, salah satu wanita muda menerima kabar bahwa dia akan menikah dengan pria seusia ayahnya. Dia mencoba bunuh diri, tetapi diselamatkan pada menit terakhir oleh wanita muda lainnya yang menemukannya tergantung di tali.

Setelah upaya bunuh diri, Paulette berbaring di tempat tidur, putus asa bahwa semua sekolah berdiri salah karena menundukkan perempuan. Dia dimaksudkan untuk pergi bersama wanita muda ke pameran rumah tangga di Paris yang ditujukan untuk wanita muda. Awalnya Paulette mempertimbangkan untuk membatalkan perjalanan ke Paris, tetapi akhirnya setuju untuk membawa para wanita ke Paris. Grunvald datang ke sekolah dan ingin bersamanya dan memanjat pipa ke kamarnya. Paulette hanya melepaskannya dari pipa dan masuk ke kamarnya setelah membuatnya berjanji bahwa dia akan memasak di rumah mereka, dan membuatnya memberikan rincian strudel apel sebelum membiarkannya masuk ke kamarnya. Mereka berhubungan seks di kamarnya, dan kemudian Paulette bergabung dengan bus dengan wanita muda dan staf, untuk perjalanan ke Paris.

Selama perjalanan bus, mereka mendengar di radio bahwa kerusuhan mahasiswa menutup Paris. Saat mereka mendekati pinggiran Paris, jalan diblokir dalam kemacetan lalu lintas yang besar. Paulette menolak untuk kembali ke sekolah; sebaliknya, dia dan para wanita muda turun dari bus, bernyanyi, berbaris menuju Paris untuk bergabung dengan revolusi pembebasan wanita yang terjadi di sana.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "How to be a Good Wife". 
  2. ^ "How to be a Good Wife". Unifrance.org. Diakses tanggal 27 August 2020. 
  3. ^ Jonathan Romney (22 January 2020). "Reviews:'How To Be A Good Wife': Review". Screen Daily. Diakses tanggal 27 August 2020. 
  4. ^ "How to Be a Good Wife". Box Office Mojo. Diakses tanggal 27 August 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]