Houston Street (Manhattan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Houston Street)

Koordinat: 40°43′29″N 73°59′41″W / 40.7248°N 73.9946°W / 40.7248; -73.9946

Menghadap timur dari Orchard Street
Houston Street
Panjang 2.0 mi (3,2 km)
Lokasi New York
Ujung barat NY 9A/West Side Highway
Ujung timur Franklin D. Roosevelt East River Drive (FDR Drive)

Houston Street (/[invalid input: 'icon']ˈhstən/ HOW-stən) adalah sebuah jalan raya timur-barat besar di Downtown Manhattan, membentang melintasi kota sepanjang pulau Manhattan, dari Franklin D. Roosevelt East River Drive (FDR Drive) dan East River Park di Sungai East ke Pier 40 dan West Street di Sungai Hudson. Jalan ini berperan sebagai perbatasan antar permukiman, Alphabet City, East Village, NoHo, Greenwich Village dan West Village terletak di sebelah utara jalan, dan Lower East Side, sebagian besar the Bowery, Nolita dan SoHo di selatan.

Tata penamaan jalan numerik di Manhattan, dibentuk sebagai bagian dari Commissioners' Plan of 1811, berawal di sebelah utara Houston Street dengan 1st Street di Avenue A, padahal penataan ini belum diberlakukan seluruhnya hingga 13th Street.[1]

"Houston" diucapkan sepert kombinasi kata "house" dan "ton", bukan seperti pengucapan nama kota Houston, Texas.[2]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Peretz Square, New York City Department of Parks and Recreation. Accessed July 12, 2007. "North Street, then the northern boundary of settled Manhattan, was later renamed for William Houstoun, a Georgia delegate to the Continental Congress; at the time of the renaming, the more famous Sam Houston was an unknown teenager"
  2. ^ "New York Bookshelf; An Oddly Named Street, A Dark Night, a Gamy Club". The New York Times. Feb. 8, 2004. Diakses tanggal 19 January 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]