Horapollo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Horapollo (dari Horus Apollo; Yunani: Ὡραπόλλων) adalah orang yang seharusnya menulis risalah, berjudul Hieroglyphica, pada hieroglif Mesir, masih ada terjemahannya dalam bahasa Yunani Bizantium oleh orang bangsa Filipus, yang berasal dari sekitar abad ke-5.

Horapollo[sunting | sunting sumber]

Horapollo disebut dalam Suda (ω 159) sebagai salah satu pemimpin terakhir imamat Mesir di sebuah sekolah di Menouthis, dekat Aleksandria, di masa pemerintahan Kaisar Zeno (474-491 M).

Menurut yang tercatat dalam Suda, Horapollo harus melarikan diri karena ia dituduh merencanakan pemberontakan terhadap Gereja negara Kekaisaran Romawi, dan kuil pemujaannya kepada dewa Isis dan Osiris dihancurkan. Horapollo kemudian ditangkap dan disiksa agar mau masuk Kristen. Di halaman sebelumnya, Horapollo tercatat di Suda sebagai seorang ahli tata bahasa dari Phanebytis, di bawah pemerintahan Theodosius II (408-450 M). Kebanyakan para editor abad ke-16, mengaitkan "Horapollo" yang ini sebagai penulis Hieroglyphica, meskipun ada pendapat okultisme yang mengidentifikasi Horapollo dengan Horus sendiri atau dengan firaun.

Horapollo menulis komentar tentang Sophokles, Alkaios dari Metilene dan Homer, serta sebuah karya (bahasa Yunani Kuno: Τεμενικά)) di tempat-tempat yang dikuduskan bagi para dewa. Photius (cod. 279), yang menyebutnya sebagai seorang dramawan dan juga grammarian, menganggapnya sebagai sejarah fondasi dan barang antik dari Aleksandria (kecuali jika "Horapollo"" ini adalah orang Mesir dengan nama yang secara kebetulan sama, dan hidup pada masa pemerintahan Kaisar Zeno, 474-491 M).

Referensi[sunting | sunting sumber]