Hong Kong Convention and Exhibition Centre

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Koordinat: 22°17′1,18″LU 114°10′22,25″BT / 22,28333°LU 114,16667°BT / 22.28333; 114.16667

Hong Kong Convention and Exhibition Centre
香港會議展覽中心
HKCEC.jpg
Hong Kong Convention and Exhibition Centre
Informasi umum
Status Selesai
Jenis Pusat Kongres
Alamat 1 Expo Drive, Wanchai
Kota Hong Kong
Dibuka 1997[1]
Informasi teknis
Jumlah lantai 6
Desain dan konstruksi
Arsitek Larry Oltmanns[1]
Firma arsitektur Skidmore, Owings and Merrill
Situs web
www.hkcec.com

Hong Kong Convention and Exhibition Centre atau Pusat Pertemuan dan Pameran Hong Kong (Hanzi tradisional: 香港會議展覽中心; seringkali disingkat sebagai HKCEC atau 會展) adalah salah satu dari dua pusat pameran dan pertemuan di Hong Kong, bersama dengan AsiaWorld-Expo. Gedung ini Terletak di Wan Chai Utara, Pulau Hong Kong. Dibangun di sepanjang Pelabuhan Victoria, gedung ini dihubungkan oleh trotoar tertutup dengan hotel dan bangunan komersial terdekat. Tempat ini dirancang oleh Skidmore, Owings & Merrill LLP, yang terkait dengan Wong & Ouyang (HK) Ltd. Larry Oltmanns memimpin desain sebagai Mitra Desain dengan SOM.

Konstruksi[sunting | sunting sumber]

Hong Kong Convention and Exhibition Centre dilihat dari pelabuhan

Bangunan asli dibangun di atas tanah Gloucester Road pada tahun 1988. Tirai kaca adalah yang terbesar di dunia saat ini, yang menghadap ke Pelabuhan Victoria pada tiga sisi.

Tahap kedua dari pusat tersebut, yang terletak di pulau buatan, dibangun dari tahun 1994 sampai 1997, dan dilengkapi dengan atap mirip burung (juga disebut sebagai kura-kura oleh beberapa kritikus). Proyek ini hanya membutuhkan waktu 48 bulan dari reklamasi sampai selesai. Konstruktor utama perpanjangan ini merupakan usaha patungan yang diberi nama Hip Hing Construction Co Ltd Dragages et Travaux Publiclics. Awalnya, Tahap Dua dihubungkan ke Tahap Satu dengan atrium link (jembatan langit), dan ke Convention Road dengan dua jembatan jalan, namun sekarang kedua fase tersebut dihubungkan oleh aula pameran yang diperluas.[2]

Konstruksi kompleks itu dibiayai oleh New World Development, dengan Renaissance Harbour View Hotel, Grand Hyatt Hong Kong dan Harbour View Apartments diatasnya.

HKCEC melakukan ekspansi kedua selama 2006-2009. Setelah selesai, ekspansi senilai HK$1.4 miliar menambah 19,400 meter persegi pada HKCEC, sehingga total ruang pameran menjadi hampir 83,000 meter persegi dan ruang fungsional yang dapat disewakan menjadi lebih dari 92,000 meter persegi.

Manajemen[sunting | sunting sumber]

Hong Kong Convention and Exhibition Centre (Management) Limited (HML), anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh NWS Holdings Ltd (新創建集團有限公司), dikontrak oleh HKTDC untuk pengelolaan dan operasi sehari-hari HKCEC. Tanggung jawab 850 anggota staf meliputi administrasi, pemasaran, pemesanan, penjadwalan, operasi koordinasi, perawatan, keamanan dan makanan dan minuman. Yang terakhir termasuk perjamuan, dan mengelola Pusat Restoran. Direktur pelaksana perusahaan tersebut adalah Monica Lee-Müller.

Ada komentar bahwa manajemen HKCEC memberikan perlakuan istimewa kepada beberapa klien berkaitan dengan tanggal pemesanan di HKCEC. Cliff Wallace membantah tuduhan tersebut dalam sebuah pertemuan dengan Dewan Legislatif Hong Kong pada sesi 2003-2004. Dia mengklaim bahwa perusahaannya tidak memberikan perlakuan istimewa, tanggal tersebut ditawarkan berdasarkan first-come-first-served dan bahwa praktik industri standar dilaksanakan sehubungan dengan pemesanan dan penjadwalan di HKCEC sesuai dengan perjanjian operasi dengan HKTDC.[3]

Statistik fasilitas gedung[sunting | sunting sumber]

Pameran Art Basel di gedung ini, Maret 2015
  • 5 ruang pameran: 53,292 m2
  • 2 ruang konvensi: 5,699 m2; total kursi untuk 6,100
  • 2 teater: 800 m2; total kursi untuk 1,000
  • 52 ruang pertemuan: 6,004 m2
  • Area pra-fungsi: 8,000 m2
  • 7 restoran: total kursi untuk 1,870
  • Pusat Bisnis: 150 m2
  • Lahan parkir mobil: untuk 1,300 mobil dan 50 van
  • Total lahan parkir yang tersedia: 92,061 m2
  • Kapasitas: 140,000 pengunjung per hari

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Kapal feri melintasi HKCEC menuju Pelabuhan Victoria dari Kowloon.

Star Ferry, sebuah layanan feri Hong Kong, beroperasi dari HKCEC melintasi Pelabuhan Victoria:

Tarifnya adalah HK$2.5 untuk orang dewasa, dan HK$1.7 untuk anak-anak.

Saat ini stasiun MTR metro terdekat yang melayani HKCEC adalah Stasiun Wan Chai (keluar C) di Island Line. Jalur Pulau Utara yang diusulkan, perpanjangan jalur Tung Chung Line, akan memiliki stasiun di HKCEC.

Selain itu, HKCEC dilayani oleh rute bus nomor 2A, 8, 40, 40M, 960 dan 961.

Dalam budaya populer[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Royal Albert Hall
Lokasi acara Miss World
1989
Diteruskan oleh:
London Palladium
Didahului oleh:
Shenzhen Guesthouse Hotel
Rumah
Badan Legislatif Sementara Hong Kong

1 Juli 1997
Diteruskan oleh:
Gedung Dewan Legislatif