Honey Ryder

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Honey Ryder (film)
Honeychile Rider (novel)
Tokoh James Bond
Penampilan
perdana
Dr. No (novel, 1958)
Penampilan
terakhir
Dr. No (film, 1962)
PenciptaIan Fleming
PemeranUrsula Andress
Pengisi suaraNikki van der Zyl
Informasi
Jenis kelaminPerempuan
PekerjaanShell diver
KlasifikasiGadis Bond
Pakaian terkenalBikini putih

Honeychile Rider atau Honey Ryder[1] adalah karakter fiksi yang muncul dalam novel dan film James Bond berjudul Dr. No. Dia secara luas dianggap sebagai salah satu gadis Bond yang paling ikonik dalam sejarah waralaba James Bond. Karakter ini diciptakan oleh penulis novel Ian Fleming dan diperankan oleh aktris Swiss-Inggris, Ursula Andress, dalam adaptasi film tahun 1962.

Dalam cerita Dr. No, Honey Ryder adalah seorang wanita cantik yang tinggal di Jamaika. Dia adalah seorang pemburu mutiara yang mandiri dan tangguh, tinggal di pulau terpencil. Penampilan perdana Honey Ryder di film Dr. No sangatlah mencolok dan ikonik. Dia memperkenalkan dirinya kepada James Bond (yang diperankan oleh Sean Connery) ketika dia muncul dari laut mengenakan bikini putih dan membawa sebuah tabung penyelam. Adegan tersebut menciptakan momen yang menjadi sejarah dalam dunia perfilman, dengan Andress yang menjadi simbol seksual pada masa itu.[2][3][4]

Nama "Honey Ryder" sendiri dipilih oleh Ian Fleming berdasarkan karakter dalam novelnya. Nama panggilan "Honey" memberikan kesan kelembutan dan kehangatan pada karakternya, sementara "Ryder" menunjukkan keberaniannya dalam menjelajahi lautan dan mencari mutiara. Meskipun diadaptasi ke dalam film, karakter Honey Ryder tetap mempertahankan banyak elemen yang dihadirkan oleh Fleming dalam novelnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Dr. No Opening & End Credits 1962". Youtube. 2 December 2016. hlm. 3m5s. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-08-30. 
  2. ^ The James Bond Phenomenon: A Critical Reader edited by Christoph Lindner, 2003, page 70
  3. ^ A Brief Guide to James Bond By Nigel Cawthorne, 2012
  4. ^ For His Eyes Only: The Women of James Bond; edited by Lisa Funnell, 2015, page 13