Honda PCX

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Honda PCX125 2011 Front.JPG

Honda PCX 150 adalah motor keluaran Honda yang ditujukan bagi segmen motor premium skutik. Ketika motor matic sedang marak digandrungi oleh masyarakat Indonesia disamping memberikan kemudahan bagi para pengendara pemula, maka berbagai desain motor matic yang elegan telah pula menjadi salah satu preferensi konsumen di tanah air.

Pabrikan Honda telah mengeluarkan seri terbaru skutik PCX ini, yakni Honda PCX 150. Motor matic Honda yang satu ini memang terlihat berbeda daripada motor matic pada umumnya. Desain yang lebih besar dan lebar menjadikan Honda PCX terlihat semakin sporty dan stylish, terlebih ditunjang dengan aneka pilihan warna solid di body motor. Dengan menjadikan standar Emisi Euro 3 sebagai acuannya, motor ini dianggap lebih ramah terhadap lingkungan karena mengadopsi teknologi PGM-FI (Programmed Fuel Injection). Teknologi PGM-FI ini adalah teknologi yang ramah lingkungan karena mampu menekan dan mengurangi emisi gas buang yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor.

Dengan segmentasi pasar matic kelas menengah ke atas, Honda PCX 150 didesain dengan berbagai macam fitur premium yang tak dimiliki oleh keluaran matic umumnya. Selain berteknologi injeksi atau lebih dikenal dengan istilah PGM-Fi, skuter matic PCX 150 ini juga memiliki alarm anti maling. Hal ini sangat penting sekali bagi keamanan motor Anda. Disamping itu, penggunaan standar samping otomatis juga sangat membantu dalam mengamankan kendaraan.

Honda PCX 150 ini juga telah mengadposi teknologi idling stop system (ISS). Teknologi ini memungkinkan mesin motor dapat mati untuk sementara waktu tatkala motor sedang berhenti dalam hitungan tiga detik. Motor akan kembali aktif ketika Anda menarik tuas gas. Seri PCX 150 ini juga telah menerapkan sistem pengereman Combi Brake, disamping pula adanya kontak kunci bermagnet (Secure Key Shutter) yang akan sangat berguna bagi pengamanan motor ini.

Ada beberapa pilihan warna yang dapat Anda pilih jika ingin memiliki Honda skuter matic PCX 150 ini. Varian warna yang tersedia adalah merah (luxury red), putih (glamour white), dan hitam (prestige black). Secara keseluruhan, pilihan warna solid dan berkesan mewah di motor PCX 150 ini menghadirkan sebuah tampilan skutik yang macho dan elegan.

Teknologi Idling Stop System (ISS) pertama kali diterapkan pihak Honda pada motor skuter matic PCX. Selanjutnya disusul penerapannya pada skuter matic Honda lainnya, yakni Vario CBS Techno serta generasi BeAT FI terbaru. Honda PCX 150 memiliki mesin berteknologi V-matic dengan tipe mesin SOHC 4 langkah, berkapasitas 150 cc.

Honda PCX memiliki berat kosong sebesar 131 Kg dengan dimensi 1.917 x 738 x 1.094 mm. Jarak sumbu pada roda adalah 1.315 mm dan jarak paling rendah dengan tanah adalah 14 cm. Motor ini menggunakan suspensi depan bertipe teleskopik dan suspensi belakang berupa lengan ayun dengan peredam kejut ganda.

Honda PCX memiliki tangki bahan bakar dengan kapasitas mencapai 8 liter. Sedangkan konsumsi minyak pelumas sebesar 0,8 liter dengan pergantian periodik. Motor ini juga menggunakan strater elektrik seperti pada umumnya skuter matic lainnya, hanya saja pada PCX 150 menggunakan sistem ACG starter.

Kelebihan motor Honda PCX 150 terdapat pada fitur-fitur premium yang menghadirkan kenyamanan dan keamanan tingkat tinggi bagi pengendaranya. Inilah sebab segmen pasar motor Honda yang satu ini menyasar pada masyarakat kelas menengah ke atas. Tampilan warna solid yang mewah dengan desain elegan adalah kelebihan lain motor skutik ini, disamping pula ukuran body motor yang besar dan agak lebar. Hal ini memberi kesan macho dari sebuah motor skutik.

Satu-satunya kekurangan motor PCX 150 ini adalah harganya yang jauh lebih mahal ketimbang skutik lainnya di pasar Indonesia.

Spesifikasi[sunting | sunting sumber]

  • Liquid-cooled single cylinder four-stroke, SOHC
  • Bore and stroke (PCX125) 52.4 × 57.9 mm, displacement 124.9 cc[1]
  • Bore and stroke (PCX150) 58 X 57.9 mm, displacement 152.9 cc[2]
  • Power (PCX125) 8.6 kW (11.7 hp) @ 8,500 rpm;[3] (PCX150) 10 kW (13.5 hp) @ 8,500 rpm[4]
  • Tyres front 90/90-14; rear 100/90-14
  • Wheelbase (PCX125) 1,305 mm; (PCX150) 1,315 mm
  • Dimensions 1,915 x 740 x 1,090 mm
  • Fuel tank capacity 6 liter (1,3 imp gal; 1,6 US gal)
  • Fuel consumption (PCX125) 2.5 L / 100 km (mixed city, highway, expressway)[5]
  • Kerb weight (PCX125) 126 kg (278 pon)[6]

Teknologi Honda PCX 150[sunting | sunting sumber]

Mesin Terbaru eSP (Enhanced Smart Power) 150cc

Honda PCX150 telah mengaplikasikan mesin terbaru dengan eSP (Enhanced Smart Power) 150cc. Skutik premium ini memiliki tenaga yang lebih besar dari generasi pendahulunya (8.5kw/8500 rpm menjadi 10kw/8500 rpm), teknologi minim gesekan, efisiensi pendinginan mesin serta sistem transmisi untuk performa terbaik di kelasnya. Meskipun mengalami peningkatan kapasitas mesin, Honda PCX150 tetap hadir dengan harga terjangkau.

PGM-FI (Programmed Fuel Injection)

Penerapan teknologi PGM-FI terkini pada Honda PCX150 membuat skutik ini tetap hemat bahan bakar, bahkan ramah lingkungan karena sudah memenuhi standar emisi gas buang Euro 3.

Idling Stop System

Honda PCX150 mengaplikasikan Idling Stop System yang hanya ada di produk sepeda motor Honda. Teknologi ini akan mematikan mesin secara sementara setelah skutik ini berhenti dalam hitungan 3 detik. Pengendara hanya perlu menarik tuas gas untuk menghidupkannya lagi. Teknologi ini didukung oleh pengaplikasian sistem ACG starter yang canggih membuat suaranya halus saat mesin dinyalakan. Teknologi ini juga turut berkontribusi dalam peningkatan efisiensi bahan bakar serta mengurangi emisi gas buang, terutama saat berkendara di tengah kepadatan jalan perkotaan.

V-Matic dan Built-in Liquid Cooled

Teknologi mesin V-matic Honda yang dikombinasikan dengan built-in liquid cooled membuat temperatur mesin skutik premium ini lebih stabil sehingga Honda PCX mampu menghasilkan tenaga besar namun tetap efisien saat digunakan menempuh perjalanan jauh.

Daya Tarik lain Penerus Honda PCX125

Honda PCX150 tetap mempertahankan daya tarik yang sama dengan generasi sebelumnya berupa pengaplikasian beragam fitur-fitur kenyamanan serta fitur-fitur keamanan sebagai bagian dari kemewahan sebuah skutik premium.

Fitur Kenyamanan

Untuk memuaskan kenyamanan dan kesenangan berkendara bagi konsumen, Honda PCX150 dibekali dengan beragam fitur performa berkendara yang canggih, salah satunya sistem pengereman combi brake hidraulis dengan 3 caliper yang memberikan kenyamanan dan kestabilan saat pengereman. Bahkan, Honda PCX150 juga menawarkan sensasi kenyamanan berkendara yang sempurna melalui desain posisi berkendara yang nyaman (sit-in riding position) ditambah dengan suspensi belakang ganda dan ban tubeless beraluminium cast wheel 14 inchi.

Fitur unggulan lain adalah bagasi yang mampu menyimpan helm fullface serta tangki bensin memiliki kapasitas 5,9 liter. Selain itu, skutik premium ini juga memiliki saklar kendali cerdas (smart controller switch) yang memadukan kunci kontak dengan pengaman bermagnet dan tombol pembuka jok dan tangki bahan bakar.

Fitur Keamanan

Fitur keamanan juga diaplikasikan di skutik premium ini seperti standar samping otomatis (side stand switch) yang membuat mesin tidak dapat dinyalakan saat standar samping dalam posisi turun. Sistem alarm anti maling yang cerdas juga masih disematkan pada Honda PCX 150 ini. Sistem ini mampu mendeteksi getaran dan gerakan pada saat alarm diaktifkan dengan menggunakan remote control. Sebuah persembahan istimewa dan hanya ada di skutik premium Honda.

Desain

Desain Honda PCX150 masih mempertahankan kesan elegan dan mewah melalui konsep lampu besar yang menyatu (all-in-one dual grand headlight), panel speedometer yang menyatu dengan bodi (body mount panel meter), dan lampu belakang yang modern terpisah dengan lampu sein (tail light with separate winker). Hadir dengan tiga varian warna yaitu Glamour White, Luxury Red dan Prestige Black.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Honda Worldwide retrieved on 1 February 2013
  2. ^ Motorcycle Daily Review retrieved on 1 February 2013
  3. ^ Honda Germany Datasheet retrieved on 1 February 2013
  4. ^ Ride Talks News retrieved on 1 February 2013
  5. ^ "Honda PCX 125 Mileage". 
  6. ^ Honda Germany -- PCX: Daten und Preise retrieved on 4 February 2013